Arsip

Bentuk dan Nama Perjanjian Internasional

Berikut ini adalah artikel mengenai beberapa bentuk dan nama Perjanjian Internasional yang meliputi Traktat, Konvensi, Deklarasi, Piagam, Pakta,  Persetujuan, Protokol, Perikatan, Modus vivendi, Charter, Pertukaran nota, Proses verbal, Convenant, Ketentuan umum, Kompromis, dan Ketentuan penutup.

Traktat (treaty) : yaitu persetujuan yang dilakukan oleh dua Negara atau lebih yang mengadakan hubungan antar mereka. Kekuatan traktat sangat ketat karena mengatur masalah-masalah yang bersifat fundamental.

Konvensi (convention) : yaitu persetujuan resmi yang bersifat multilateral atau persetujuan yang diterima oleh organ suatu organisasi internasional. Konvensi tidak berkaitan dengan kebijakan tingkat tinggi.

Deklarasi (declaration) : yaitu pernyataan bersama mengenai suatu masalah dalam bidang politik, ekonomi, atau hokum. Deklarasi dapat berbentuk traktat, perjanjian bilateral, dokumen tidak resmi, dan perjanjian tidak resmi.

Piagam (statue) : yaitu himpunan peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh persetujuan internasional, baik tentang pekerjaan kesatuan-kesatuan tertentu maupun ruang lingkup hak, kewajiban, tugas, wewenang, dan tanggung jawab lembaga-lembaga internasional.

Pakta (pact)  yaitu traktat dalam pengertian sempit yang pada umumnya berisi materi politis.

Persetujuan (agreement) : yaitu suatu perjanjian internasional yang lebih bersifat teknis administratif. Agreement ini biasanya merupakan persetujuan antar pemerintah dan dilegalisir oleh wakil-wakil departemen tetapi tidak perlu diratifikasi oleh DPR Negara yang bersangkutan. Sifat persetujuan tidak seformal traktat dan konvensi.

Protokol (protocol) : yaitu  persetujuan yang isinya melengkapi (suplemen) suatu konvensi dan pada umumnya dibuat oleh kepala Negara. Protokol hanya mengatur masalah-masalah tambahan seperti penafsiran klausal-klausal tertentu dari suatu konvensi.

Perikatan (arrangement) : yaitu suatu perjanjian yang biasanya digunakan untuk transaksi-transaksi yang bersifat sementara dan tidak seformal traktat dan konvensi.

Modus vivendi : yaitu dokumen untuk mencatat suatu persetujuan yang bersifat sementara.

Charter : yaitu istilah yang digunakan dalam perjanjian internasional untuk pendirian badan yang melakukan fungsi administratif.

Pertukaran nota (exchange of notes) : yaitu metode tidak resmi yang sering digunakan dalam praktik perjanjian internasional. Metode ini menimbulkan kewajiban-kewajiban yang mengikat mereka. Biasanya metode ini dilakukan oleh wakil-wakil militer dan Negara serta dapat bersifat nonagresi.

Proses verbal : yaitu catatan-catatan atau ringkasan-ringkasan atau kesimpulan-kesimpulan konferensi diplomatik atau catatan-catatan suatu pemufakatan. Proses verbal ini tidak perlu diratifikasi.

Convenant : merupakan anggaran dasar dari PBB.

Ketentuan umum (general act) : yaitu traktat yang bersifat resmi dan tidak resmi.

Kompromis : yaitu tambahan atas persetujuan yang telah ada.

Ketentuan penutup (final act) : yaitu ringkasan-ringkasan hasil konferensi yang menyebutkan Negara-negara peserta, utusan-utusan dari Negara yang turut berunding, serta masalah-masalah yang disetujui dalam konferensi dan tidak memerlukan ratifikasi.

34 comments

Flexi Final Party School Contest June 1, 2010 Reply

beh. . ladalah tenan seng ditulis perjanjian internasional ngene. . .

    Miftahur June 11, 2010 Reply

    Whahaha . . . namanya juga Blog Pelajar gt . . .

mubaroki June 5, 2010 Reply

mantav mas… ips kie…
luwih lengkap soko bukuku…

bukan detikcom June 9, 2010 Reply

wah keren…saya baru tau nih arti-artinya…biasanya cuma baca dan denger ajah tanpa tau maknanya

hanifilham June 9, 2010 Reply

seperti pelajaran SMAku dulu, ada gak yah? ada deh sepertinya, hehe…

    Miftahur June 11, 2010 Reply

    Ini memang pelajaran SMA Mas . . .
    PKn Kelas XI

ahmad rosidi aka eros June 11, 2010 Reply

wuuiiihh.. banyak amat ternyatra
sepertinya ku sekolah dulu gada de
*gak ada apa kamu aja bolos sekolah Ros? wkwkw

    Miftahur June 17, 2010 Reply

    Hahaha . . .
    Sing penting ceg sekolah :DV

    Miftahur June 17, 2010 Reply

    Sama-sama bro . . . makasih dah Mampir 😉

pupet.master January 18, 2011 Reply

Makasih om, ane dapet tugas pkn suruh cari beginian 😀

abdul January 26, 2011 Reply

akhir dapet juga artikel tentang nama2 perjanjian internasional. thanks artikelnya ya gan…:)
lam kenal….

ahmad maulana March 10, 2011 Reply

keren ajj

iin April 13, 2011 Reply

hhe ikut dech MaNtapppp jga ………… 🙂

sri asriani April 29, 2011 Reply

contoh2 nya mana????

umi July 25, 2011 Reply

ak ijin copas buat tugas ya mas, makasi buat infonya sangat membantu 🙂

ifa February 2, 2012 Reply

ijin copy buat tugas ya kak 🙂 makasih banyaaak infonya membantu sekali 😀

Happy sariah purba February 8, 2012 Reply

Thx bngat pak.
Nie sngt mmbntu qu utk menyelesaikan tgs yg menumpuk.

nurlina March 17, 2012 Reply

thanks ya, bemanfaat bgt lah…

Ningsy March 19, 2012 Reply

makasih y bwt infonya.
sukses slalu ^^

fauzul pengennya sih guanteng January 22, 2013 Reply

posting ne apik tenan ….
nuhun yo…

salam dari medan

Fatimah January 29, 2013 Reply

Asyeek…
Semua tugas2q ada dsini, hehee….

Dwita February 4, 2013 Reply

Isi perjanjian nya mana?

azmadi February 24, 2013 Reply

ada contoh2nya gak

sunengsih March 27, 2014 Reply

like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories