Kepribadian

Cara Cepat Mengetahui Kepribadian Seseorang

Mengetahui kepribadian / karakter / personalitas adalah hal yang cukup penting. Baik kepribadian diri sendiri maupun kepribadian / karakter orang lain. Maka, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang disebut dengan personality plus yaitu cara cepat mengetahui karakter atau kepribadian seseorang.

Intinya, karakter atau kepribadian seseorang itu ada 4 macam:

  1. Koleris (kuat)
  2. Sanguinis (populer)
  3. Melankolis (sempurna)
  4. Plagmatis (cinta damai)

Koleris

Orang yang memiliki karakter Koleris, biasanya cenderung kuat, tegas, senang memimpin, menyukai tantangan, tak mau hanya jadi penonton, lebih tangkas dan cepat dalam mengambil keputusan.

Dengan berbagai kelebihan Koleris tersebut, ia cocok untuk menjadi seorang leader yang mengambil keputusan. Orang koleris biasanya berorientasi pada hal-hal yang produktif dan ia juga memiliki visi.

Sementara itu, kekurangan orang Koleris adalah cenderung mudah marah, kurang sabar menahan emosi, senang terhadap kontroversi, kurang simpatik, senang memerintah orang lain, hingga punya banyak tuntutan terhadap orang lain.

Sanguinis

Seorang dengan kepribadian Sanguinis memiliki ciri-ciri emosi yang mudah bergejolak, berkeinginan untuk disenangi orang lain, dan memiliki kehidupan yang penuh warna – warni.

Kelebihan orang Sanguinis adalah: antusias, ceria, ekspresif, senang berbicara, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mudah memaafkan kesalahan, memiliki inisiatif, senang berkumpul dan mudah berteman.

Sedangkan kekurangan karakter Sanguinis adalah cenderung sulit untuk diam, membesarkan masalah, daya konsentrasinya pendek, egoistis, ragu-ragu, hingga berubah – ubah dalam mengambil keputusan.

Melankolis

Seorang dengan karakter melankolis memiliki ciri-ciri: hidupnya terjadwal dan teratur hingga membentuk suatu pola, cenderung ingin segalanya sempurna dan teratur, menyukai data dan fakta, dan memikirkannya secara serius dan mendalam.

Seorang Melankolis memiliki kelebihan, antara lain: hidupnya teratur, serius, kreatif, bersedia mengorbankan diri, memiliki standar yang tinggi (perfeksionis / idealis), tekun, setia, perhatian terhadap orang lain, dan bersedia mendengarkan keluhan.

Kelemahan seorang Melankolis adalah cenderung mudah murung dan tertekan, mudah merasa bersalah dan tertekan, hingga pendendam.

Plegmatis

Orang ada yang menyebut Plagmatis atau Plegmatis. Karakter Plegmatis ini memiliki ciri-ciri: cenderung menghindari konflik hingga rela untuk berkorban demi terselesaikannya sebuah masalah, sabar, kalem, tak mau mengecewakan dan menyakiti orang lain, dan ia adalah pendengar yang baik.

Kelebihan karakter Plegmatis ini adalah: sabar, tenang, mudah bergaul, baik hati, bijaksana, simpatik, menyenangkan, peduli terhadap sekitar, humoris, dan mudah menjalin kerukunan / kedamaian.

Kekurangan orang yang berkarakter Plegmatis adalah: senang menghindari tanggung jawab, pendiam, keras kepala, cenderung pemalu, hingga sulit untuk bergerak maju.

– – –

Karakter – karakter tersebut dapat digunakan untuk menilai orang lain disekeliling kita. Namun yang terpenting adalah, untuk mengetahui karakter atau kepribadian diri sendiri. Semoga bermanfaat 🙂

10 comments

ndop November 25, 2013 Reply

aku koyoke cenderung ke sanguinis. Sayange mbuyen kok pas sekolah ratau disangoni..

Alid Abdul November 26, 2013 Reply

Nek aku cenderung Sanguinis + Koleris tapi sing penting gak korengan haha

Kisanak November 26, 2013 Reply

Kalau yang beginian mending pakai ilmu purwa rupa saja Kang?

Hanif Mahaldi December 2, 2013 Reply

apakah bisa satu orang berpindah2 kepribadian? atau pribadiannya berubah seiring berjalannya usianya? menarik nih.

fajri March 22, 2014 Reply

thanks untk info nya. . ,
bermanfaat

dessy fransisca November 10, 2014 Reply

saya suka dengan tips diatas
bagaimana kalo kita mengetahui pribadi seseorang dari tata bahasanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories