Opini

D3, S1, S2, Mana Yang Lebih Tinggi?

Sebagaimana kita ketahui bahwa urutan jenjang kuliah dari bawah ke atas itu D3, S1, kemudian S2, dan seterusnya. Namun, apakah urutan peringkat ini selalu benar?

Setelah obrolan singkat sore ini bersama Mas Iwan (https://hanyalewat.com/), saya jadi ingin menuangkan beberapa pemikiran saya di blog ini.

Secara hirarki pendidikan memang benar bahwa derajat S1 lebih tinggi dari D3, dan S2 lebih tinggi dari S1. Namun apabila kita telaah kenyataannya banyak anak D3 lebih pandai dari S1. Bahkan beberapa anak SMA justru lebih cerdas ketimbang lulusan D3.

Masyarakat pada umumnya hanya melihat pada status yang disandang seseorang. S1 sering dianggap lebih menguasai banyak hal daripada anak SMA. Apalagi yang S2, tentu akan lebih dihormati dan disegani banyak orang.

Keyakinan ini berakibat pada banyaknya para sarjana yang enggan merintis karir dari bawah. Gara-gara title S1, dia jadi enggan digaji lebih rendah dari lulusan SMK. Walau kenyataannya skill yang ia miliki masih kalah jauh.

Akan tetapi, bagi mereka yang benar-benar berilmu, pasti menyadari bahwa gelar S1 nya bukan berarti ia lebih pintar dari anak SMA. Tak ada gengsi. Hingga ia akan terus belajar dari siapapun. Termasuk dari orang-orang yang usianya jauh lebih muda darinya.

2 comments

adi pradana June 5, 2015 Reply

Yang paling penting, yang bermanfaat… tul… hehehe

Harga Kawasaki Ninja January 18, 2016 Reply

Setuju banget..buat agan!! orang dengan title S1 harus lebih mawas diri..karena dengan S1 bukan berarti kita harus gengsian dalam memilih kerja, tetapi harus bisa menciptakan lapangan kerja mulai dari 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories

Untuk Teman-Teman Yang Akan Mengikuti UAN (Ujian Akhir Nasional)