29 Comments


  1. Bener setuju bgt dg mas mas miftahur, tolok ukur kesuksesan…

    Reply

  2. Trima kasih informasinya, keseimbangan otak kanan dan kiri itu memang harus terus dikembangkan Miftahur, karena dimanapun kita berada, kita akan selalu berinteraksi dengan orang lain…
    :D

    Reply

  3. ini yg jadi masalahku.. aku masih sering malu ktemu orang baru, dan akhirnya jadi gugup brbicara…

    Reply

      1. sebaliknya saya senang dengan pertemanan tapi saya termasuk selektif juga kalau gak suka pada pertemuan pertama saya akan cuek aja selanjutnya hehe

        Reply

  4. Yup, kita dari kecil sudah diajarin ngehafal melulu. Jarang sekali diajarin yang namanya “problem solving”. Jadilah kita seperti ini, untuk meningkatkan soft-skill saja mesti berjuang mati-matian. :D
    Ibarat roti, kita udah dikasi isi coklat, kalo pengen keju ya mesti berjuang nambah sendiri. :D

    Reply

    1. Iya ini Mas, kudu kuliah di kampus kehidupan dulu untuk dapat memahami ilmu ini…

      Reply
  5. Erfano Nalakiano

    softskill bener banget…sangat diperlukan untuk dunia kerja….itu yg sy rasakan saat jd guru :)

    Reply

    1. Ketika jadi murid, saya merasakan guru yang sukses itu memang punya Soft Skill yang bagus Pak :D Lebih bisa menyampaikan ilmu secara maksimal, dan kami juga lebih mudah memahaminya…

      Reply

  6. setuju sekali.. soft skill dididik tidak lewat bangku sekolah dan kuliah.. soft skill diajarkan lewat sosialisasi dan pergaulan..

    Reply
  7. nug

    bedane intrapersonal skill opo ya? #sokmiker

    Reply

  8. masih dalam proses belajar … :D
    semuga kita, sukses semua, dalam belajar di bidang apapun.. :D
    AMin.

    Reply

  9. Dalam teori kecerdasan majemuk, salah satu kecerdasan yg harus dibangun pada anak adalah Kecerdasan Interpersonal, bagaimana aanak dapat hidup sebagai manusia sosial nantinya.

    Sayang dunia pendidikan Indonesia blm sampai kesana, sehingga pengembangan 7 kecerdasan tersebut tidak dilakikan sejak usia dini.

    *salam kenal :-)

    Reply

    1. Iya nih Mas, pendidikan untuk anak-anak sekarang masih cenderung lebih banyak membangun otak kiri nya…

      Reply
  10. Ocha Rhoshandha

    pertanyaannya, bagaimana caranya mengembangkan softkill????

    Reply

  11. Betul banget, penting banget untuk mengembangkan soft skill sejak dini, untuk masa depan cerah :D

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>