Arsip

Kriteria Kelulusan dan Kisi-Kisi Ujian Nasional 2010/2011

Tinggal beberapa bulan lagi saya akan mengikuti Ujian Nasional penentu kelulusan. Mohon doanya ya teman-teman, semoga Ujian Tahun ini kami  yang akan ikut UAN ini dapat lulus 100% dengan nilai terbaik.

Beberapa waktu yang lalu telah diumumkan bahwa tahun ini tidak ada Ujian Ulang 🙁  Jadi, bagi siswa yang belum lulus harus mengulang kembali tahun depan atau mengikuti Program Kejar Paket C. Tapi tetap ada ujian susulan bagi anak yang sakit parah.

Selain itu pada UAN Tahun 2011 ini ada beberapa kriteria kelulusan (SKL) yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Agar lebih valid, berikut ini saya mengutip beberapa pasal dari Permendiknas nomor 45 tahun 2010 tentang Kriteria kelulusan peserta didik pada sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah (SMP/MTS), sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB), sekolah menengah atas/madrasah aliyah (SMA/MA), sekolah menengah atas luar biasa (SMALB), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) tahun pelajaran 2010/2010.

Kriteria dasar yang harus dipenuhi oleh saya dan siswa-siswa lain yang akan mengikuti Ujian Nasional Tahun 2011 ini antara lain tercantum di bawah ini:

Pasal 2

Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan setelah:

a. menyelesaikan seluruh program pembelajaran;

b. memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas:

1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;

2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;

3) kelompok mata pelajaran estetika, dan

4) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan;

c. lulus US untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan

d. lulus UN.

Berikut ini perhitungan nilai kelulusan Ujian Akhir Nasional tahun 2011 ini:

Pasal 5

(1) Peserta didik dinyatakan lulus US/M  SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai  S/M.

(2) Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari  gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% (enam puluh persen) untuk nilai US/M  dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.

(3) Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari  gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan semester 5 untuk SMA/MA, SMALB dan SMK  dengan pembobotan 60% (enam  puluh persen) untuk nilai US/M  dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor.

Dan nilai yang haru saya capai bersama peserta didik lainnya adalah:

Pasal 6

(1) Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan  NA.

(2) NA sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai S/M   dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UN,  dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai UN.

(3) Peserta didik dinyatakan lulus UN  apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada ayat (2)  mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).

Sedangkan Kisi-Kisi Ujian Nasional (UAN) 2010 – 2011 yang di terbitkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (PERMENDIKNAS) Nomor 46 Tahun 2010 Tanggal 31 Desember 2010 dapat di download disini

Apakah dengan diikutsertakannya nilai raport dalam perhitungan kelulusan akan memudahkan kami untuk lulus?

Menurut saya pribadi hal tersebut sama saja, berhubung mata pelajaran yang dihitung hanya mata pelajaran yang di UAN kan saja. Karena nilai yang cukup menunjang di raport saya justru kebanyakan berasal dari Mata Pelajaran yang tidak di UAN kan (Seperti Agama, TIK, dll.) Apakah teman-teman juga mengalami hal yang sama dengan saya?

16 comments

marsudiyanto January 8, 2011 Reply

Semangat Mas…
Muga2 lulus semua

Fadhil January 10, 2011 Reply

Semoga UN tahun ini berjalan dengan lancar dan tidak ada tindak kecurangan, amin 🙂

adel January 27, 2011 Reply

info’y bntu bgt !

riswan February 1, 2011 Reply

amin semoga tahun ini kita semua anak sekolah yang mengikuti ujian nasional lulus 100% tanpa kecuali.aminnnn..semangat belajarnya agar kesuksesan yang kau cita_citakan tergapai.good luck

tengel February 1, 2011 Reply

semoga thun 2011 siswa siswi smk N 3 Pati lulus semua… .amin3x yrballamin….. .,

riayanti February 1, 2011 Reply

ya allah,semoga klaz aq, 3 jasa boga 2 biza luluz 100% tanpa ad yg ktingalan 1 pun tman aq. aq pasrahkan kepada engkau ya allah….aq yakin kami semua pasti engkau kasih kemudahan disaat hari H nanti. KAMI PASTII LULUZZZZZZZZ,AMINNNNN

angel February 1, 2011 Reply

smuggaa anak smk n 3 pati lulus smua aminn ^_^
JIA YOU !!!!!

srulz February 7, 2011 Reply

semoga dapat nilai yang terbaik.. 🙂

aprinurul February 10, 2011 Reply

kitA muZti yaKin kaLAU maREt beSok kiTa LULUS!!!!
BERdoa BErusaHA beKerJasama…………..
SMKN 1 PEDAN………..

branjang hidratti February 16, 2011 Reply

bgaimna crax kita cmw bisa lulus yah????
N’ do’ain moga kami nag” smp negri 5 sorong bsa lulus 100% yah,,,,,
amiendd….

@_@

syamsi March 12, 2011 Reply

saya berharap semoga anak SMA NEGERI 1 BEDUAI,bisa lulus semua ,,,,,amin,,,,,,,n semoga kita dengan mudah mengerjakan soal2 nya…..

mayoe rahmadsyah April 16, 2011 Reply

doa’i saya ea …………

smoga saya lulus………

lidi April 18, 2011 Reply

semoga allah selalu memberikan ku jalan yang terbaik dan lulus UN dengan nilai yang memuaskan!amien

winda April 21, 2011 Reply

semoga sy luls,, doakn sy yua…

diamond November 17, 2011 Reply

Excellent ideas here. I wish there are more and more articles like that.diamond has become the hot fashion in the modern trend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories