Motivasi / Renungan

Memahami dan Mengerti Diri Sendiri

Setelah membahas tentang Cara Mengatasi Kegalauan Hati, kali ini saya akan membahas mengenai Mengerti diri sendiri. Mengapa hal ini saya anggap penting untuk dibahas? Anda mungkin pernah mendengar sebuah nash yang mengatakan “barang siapa yang mengenal dirinya, akan mengenal Tuhannya”.

Maka, adalah sesuatu yang sangat penting untuk memahami atau mengerti diri sendiri sebelum kita menentukan langkah kita dalam menjalani hidup.

Sebelumnya, untuk membantu kita dalam mengerti diri sendiri, mari kita tanyakan beberapa pertanyaan ini pada diri kita masing-masing: Siapakah saya? Apa yang saya cari dalam hidup saya? Apa yang seharusnya saya ketahui? Apa yang seharusnya saya kerjakan? Dan apa yang akan saya dapatkan?

Mengerti diri sendiri sangat penting untuk pengembangan diri kita. Seseorang akan menjadi dewasa dan matang ketika ia telah menemukan jati dirinya. Saat kita sudah memahami diri, kita akan tahu apa yang harus kita perbuat, apa yang akan kita peroleh, dan apa akibatnya jika kita tidak melakukan hal itu.

Mengerti dan memahami diri sendiri akan membuat kita lebih bersyukur. Kita akan menyadari bahwa diri kita itu adalah sesuatu yang penting. Diciptakan dengan segala kerumitan didalamnya yang sangat teratur dan presisi. Segala proses yang terjadi didalam diri kita sangat kompleks namun tetap teratur. Jika kita menyadari hal ini, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan diri sendiri.

Dengan mengerti diri sendiri, lebih bersyukur, tentu kita akan memaksimalkan potensi yang ada dalam diri kita. Apalagi setelah kita memahami tujuan penciptaan kita sebenarnya, semua yang ada disekitar kita mendadak akan menjadi indah dan membahagiakan 🙂

5 comments

Suke April 25, 2012 Reply

masih mencari mencari mas…
belum ketemu ketemu… 😀

dukung piala euro 2012 April 30, 2012 Reply

mas brooo salam kenal yah

ndop May 2, 2012 Reply

keren iki postingane.. memahami diri sendiri adalah mahklukNya, setiap kita melihat diri sendiri, akan selalu ingat kepada Nya, bersyukur telah diciptakan di bumi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories