Arsip

Menunjukkan Larutan Asam, Basa, Dan Netral Dengan Indikator Kertas Lakmus Merah Dan Biru

Untuk mengidentifikasi larutan asam, basa, dan netral kita dapat mengujinya dengan menggunakan lakmus biru dan merah.

Kertas lakmus adalah kertas yang diberi suatu senyawa kimia sehingga akan menunjukkan warna yang berbeda setelah dimasukkan pada larutan asam maupun basa. Warna kertas lakmus akan berubah sesuai dengan larutannya.

Perubahan warna yang mampu dihasilkan oleh kertas lakmus sebenarnya disebabkan karena adanya orchein (ekstrak lichenes) yang berwarna biru di dalam kertas lakmus.

Lakmus biru dibuat dengan menambahkan ektrak lamus yang berwarna biru ke dalam kertas putih. Kertas akan menyerap ekstrak lakmus yang selanjutnya dikeringkan dalam udara terbuka, sehingga dihasilkan kertas lakmus biru.

Kertas lakmus biru pada larutan yang bersifat basa akan tetap biru, karena orchein merupakan anion, sehingga tidak akan bereaksi dengan anion (OH-).

Kertas lakmus merah dibuat dengan proses yang sama dengan pembuatan kertas lakmus biru, tetapi ditambahkan sedikit asam sulfat atau asam klorida agar warnanya menjadi merah.

Sehingga mekanisme reaksi orchein pada suasana asam akan kembali terjadi. Apabila ketas lakmus merah dimasukkan ke dalam larutan yang bersifat asam, warnanya akan tetap merah karena lakmus merah memang merupakan orchein dalam suasana asam. Sedangkan, apabila kertas lakmus merah ditambahkan larutan yang bersifat basa, maka orchein yang berwarna biru akan kembali terbentuk.

Alat dan Bahan

Alat:

  1. Gelas Ukur
  2. Pipet Tetes
  3. Pallet Tetes
  4. Gunting

Bahan:

  1. Air Suling
  2. Larutan Cuka
  3. Air Kapur
  4. Tembaga (II) Sulfat
  5. Amonia
  6. HCl
  7. NaOH
  8. Air Sabun
  9. Air Jeruk
  10. Air Abu
  11. Natrium Karbonat
  12. Alkohol
  13. Alumunium Sulfat
  14. Amonium Klorida
  15. Lakmus Biru dan Merah

Cara Kerja

  1. Meneteskan air suling, larutan cuka, air kapur, tembaga (II) sulfat, ammonia, HCl, NaOH, air sabun, air jeruk, air abu, natrium karbonat,, alcohol, alumunium sulfat, dan ammonium klorida kedalam pallet tetes yang sudah diberi tanda untuk masing-masing larutan.
  2. Menggunting masing-masing kertas lakmus biru dan merah menjadi 15 bagian.
  3. Memasukkan 1 kertas lakmus biru dan 1 kertas lakmus merah ke dalam masing-masing larutan tersebut.
  4. Mengamati perubahan warna lakmus.

Tabel Pengamatan

Dari pengujian diatas, hasil yang kita dapat seperti dalam tabel berikut:

No. Bahan Perubahan warna kertas lakmus Sifat Larutan
Merah Biru Asam Basa Netral
1 Tembaga(II) Sulfat Merah Merah Ya
2 Amoniak Biru Biru Ya
3 Hidrogen Klorida Merah Merah Ya
4 Natrium Hidroksida Biru Biru Ya
5 Natrium Klorida Merah Biru Ya
6 Air Sabun Biru Biru Ya
7 Air Jeruk Merah Merah Ya
8 Air Abu Merah Biru Ya
9 Natrium Karbonat Biru Biru Ya
10 Alkohol (ethanol) Merah Biru Ya
11 Alumunium Sulfat Merah Merah Ya
12 Amonium Kloria Merah Biru Ya

Kesimpulan

Jadi, apabila kedua lakmus (biru dan merah) berubah warna menjadi merah, maka larutan itu bersifat asam. Bila kedua lakmus (biru dan merah) berubah warna menjadi biru, berarti larutan tersebut bersifat basa. kedua lakmus (biru dan merah) warnanya tetap, maka larutan yang diuji tersebut bersifat netral.

63 comments

      m.nur.faizal September 18, 2012 Reply

      plh rek..

        Iqbal Hidayatullah March 12, 2013 Reply

        rek opo iki????

      lidia putri January 4, 2016 Reply

      Aduh ternyata agak gampang ya belajar kimia seru bgt????

JEJAK ANNAS May 2, 2010 Reply

ruar biasa mas, informasi bermanfaat. salam kenal dan terimakasih kunjungannya di bakudara.com

    Miftahur May 2, 2010 Reply

    Whohoho . . . masa sich kyk gini ruar biasa?

fauza May 2, 2010 Reply

beh…. gung isa update aq…. sakjane bhan2e eo akeh…. tapi jeg bingung…. hape.q jek rusak eg.hehehehehehe

fauza May 2, 2010 Reply

kelingan pelajaran smp.q mif…hahahahahha… kertas karton wie… diguntingi cilik-cilik… hahahahahahahahaha….

    Miftahur May 2, 2010 Reply

    Jhah, pelajaran SMP? ndik SMPmu wes enek Kimia tow? ckckck . . .

ian May 3, 2010 Reply

dasar orang IPA πŸ˜€

bayuputra May 3, 2010 Reply

wah pelajaran waktu SMA dulu nih … kalau urusan Kimia … Pak Budi Jagoannya … di http://www.budies.info
terimakasih banyak untuk informasinya …., sangat bermanfaat sekali.

Fajar May 4, 2010 Reply

Knjungan pagee.. bsog neg ku wez diulang, tk cobae mas.. hehe

Alfan zaidan Raiz August 4, 2010 Reply

bisa gk buwat contoh yang laen ttg contoh larutan asam dan basa………..? πŸ™‚

Batara August 31, 2010 Reply

klu detergen termaksud sifat apa .. ??asam,basa,atau garam ??

najwa January 17, 2011 Reply

wah makasii yah.bermanfaat πŸ™‚

boer February 1, 2011 Reply

napa kurang jlassssssssssssssss

boer February 1, 2011 Reply

bigellllll anak desgor…………..

pitaloka February 3, 2011 Reply

tankz infone………………………..

syaiful rahman March 1, 2011 Reply

Trims smua infox.

rini the pooh March 4, 2011 Reply

..mkasiih atas info x..
.lngkap..

surya March 15, 2011 Reply

thans ya mass

Skyle March 20, 2011 Reply

Ganteng daa

nanda mustika March 21, 2011 Reply

hy… cmuaaaa πŸ˜›

frista September 18, 2011 Reply

maKsih,,ea……….. q cKrg dch MdenK???????????????
πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

william October 11, 2011 Reply

pelajaran ipa enek apa lag kimia nya enek buanget????

william October 11, 2011 Reply

oya kirim salam buat provesor markus? yang ada d bandung

hasrat October 11, 2011 Reply

oya kirim salam buat provesor markus? yang ada d bandung

hasrat October 11, 2011 Reply

hy smp 45 batam saya disini mau brtnya apakah kalian tau tntng kertas lakmus apa kesimpulanya

hasrat October 11, 2011 Reply

smp 45 nomor satu tentang lakmus

K3 October 25, 2011 Reply

Thx bgt infony
Ngbntu bgt bwat bkin tugas Fisika
Thx very much

K3 October 25, 2011 Reply

Kykny ni plajaran masih ksusahan bwt ank kls 7 kek gni… Sngsra bljrny…

indah permata January 16, 2012 Reply

ai..
saya masih bingn ni.
knp merah kebiru dia netral..
mlh merah ke merah asam..
bantu aku..
plies..:)

nana January 18, 2012 Reply

aq mo share….kemaren praktik sifat asam dan basa…tp knp waktu pake lakmus biru dicairan sabun mandi cair kertas lakmus biru jadi merah ya….padahal kan harusnya tetap biru krn basa, ada pengaruh dari apa ya ? waktu mengaduk larutan kapur spatulla gak dicuci trus di pake aduk sabun…apa itu bisa mempengaruhi ?
tlng dong bagi ilmu,…thx

joy blue blad February 15, 2012 Reply

jelaskan bagaimana memilih indikator yang tepat untuk menentukan pH suatu larutan?

ferry February 23, 2012 Reply

sing baleg atuh kehed ari ngabejaaan tehh

dididharmawanriski February 28, 2012 Reply

hallo saya semua anak hebat

anita silvia March 2, 2012 Reply

trimakasih sangat bermanfaat untk latihan prantk saya

neilla dian fitryana May 9, 2012 Reply

kalo berubah kertas lakmus selain warna merah dan biru itu gmana yahh cari kesimpulannya

eshan nadim August 30, 2012 Reply

Tank’s for your infomation…

Pingback: LARUTAN ELEKTROLIT dan NON ELEKTROLIT « Ini MILIKKU ?????

vety November 7, 2012 Reply

wow makasih ya atas pengertian nya
kimia rek !!

diaz February 26, 2013 Reply

jadi ngerti deeh πŸ™‚

Andrean Manggam March 1, 2013 Reply

Wah, bermanfaat ini…
kebetulan, lagi ngisi TUGAS Kimia tentang ini lagi

Iqbal Hidayatullah March 12, 2013 Reply

Yey Akhirnya Betul Juga……………..! Hore!!!!!!

fachly.techno March 27, 2013 Reply

Bermanfaat (y)

willi September 19, 2013 Reply

mantap nih blog

vian February 9, 2015 Reply

thanx , bermanfaat mapel kimia πŸ™‚

Kurnia Rahmadi March 24, 2015 Reply

Mas bahan – bahannya bisa digolongkan ga, mana yang Asam, Basa, Netral. Soalnya saya mau cari buat bahan praktek.

Pingback: Silikon | pendkimia

ruangguru.com November 24, 2015 Reply

intinya jika larutan mengandung unsur H maka larutan tersebut asam, jika larutan mengandung unsur OH maka larutan tersebut basa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories