Motivasi / Opini

Motivasi Pekerja VS Motivasi Entrepreneur

Motivasi atau semangat untuk berkarya, bekerja, berusaha, maupun beraktifitas lain diperlukan oleh setiap manusia. Setiap manusia memiliki cara yang berbeda untuk menumbuhkan motivasi dalam dirinya. Ada yang memerlukan dorongan dari orang-orang terdekat, ada yang senang membaca artikel motivasi, mengikuti seminar, dan berbagai cara lainnya.

Kali ini saya ingin menyoroti tentang motivasi yang dimiliki oleh para pekerja/pegawai dengan motivasi para entrepreneur/pengusaha. Rupanya kedua macam profesi ini memiliki latar belakang motivasi dengan karakteristik yang berbeda.

Seseorang yang memiliki mental pekerja/pegawai akan bersemangat untuk bekerja dengan giat ketika ada suatu tuntutan. Ia akan berangkat pagi ketika peraturan dari atasan menysaratkan demikian. Ia akan melakukan lembur ketika bos memintanya untuk lembur. Segala aktifitas yang dilakukan oleh seseorang yang bermental pekerja dilatarbelakangi oleh dorongan yang bersifat ‘perintah’.

Hal ini sangat berbeda dengan motivasi yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Tidak ada atasan yang menyuruh pengusaha untuk bekerja dengan giat. Tak ada yang memarahinya jika ia tidak berangkat pagi. Mau lembur atau tidak, dirinya sendiri yang menentukan. Hampir setiap aktifitas yang dilakukan seorang entrepreneur/pengusaha dilatarbelakangi oleh dorongan dari diri sendiri.

Terlepas dari apapun motivasinya, baik pekerja maupun pengusaha tentu harus memiliki sikap disiplin untuk bisa meraih sukses. Siapapun yang beraktifitas dengan ogah-ogahan hasilnya juga tidak akan maksimal.

Dari sini tentu Anda bisa menilai bahwa untuk menumbuhkan motivasi pada seorang Entrepreneur itu tidak mudah. Ia harus bisa mengalahkan rasa malas yang ada pada dirinya sendiri tanpa tuntutan dari orang lain. Ia harus bisa memaksa diri untuk bekerja dengan giat, disiplin, dan selesai tepat waktu. Bahkan, seorang Entrepreneur tidak hanya memotivasi diri sendiri, tetapi ia juga harus bisa memotivasi orang lain disekelilingnya.

21 comments

ndaroini August 11, 2012 Reply

dan pada akhirnya akan ada alasan paten yang mematahkan setiap motivasi untuk menjadi enterprenuer, yaiutu keterbatasan dana… πŸ™‚

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Keterbatasan dana jangan sampai jadi penghalang Mas πŸ˜€
    Entrepreneur harus ‘pintar-pintar’ mencari solusi πŸ™‚

      rofiek September 24, 2012 Reply

      jangann jadikan dana sebagai kambing hitam. tidak punya pake dana orang lain.

alief August 11, 2012 Reply

jadi pada dasarnya untuk menjadi pengusaha modal yang terberat adalah niatan dan melawan rasa malas ya?

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Iyap, kemauan dan semangat untuk bekerja keras itu modal utamanya Mas πŸ˜€

ndop August 13, 2012 Reply

kalo wirausaha itu tetep diperintah dong.. diperintah oleh klien.. πŸ˜€

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Hahahaha… Anggap saja kita melakukan ‘barter’ dengan client πŸ˜€

dHaNy August 16, 2012 Reply

Siipp bener banget.. motivasi entrepreneur sangat penting baik bagi seorang pekerja maupun entrepreneur itu sendiri… dorongan kuat untuk maju dari diri sendiri jadi modal kuat untuk sukses baik karir maupun bisnis…

srulz August 18, 2012 Reply

enterpreniur itu.. juga harus kreatif.. ^^ hehe memantau pasar.. dll… enterpreniur, sussaahh… πŸ˜€

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Siiip… Tapi jangan berkata susah Masbro… Insya Alloh dengan kerja keras dan cerdas, semua bisa dilakukan πŸ˜‰

Harmony Magazine August 23, 2012 Reply

Memang semuanya adalah masalah kerja keras. πŸ™‚
Seperti yang sering kita dengar, bahwa nasib memang tidak berubah kalo kita tidak bekerja keras. Itu berlaku untuk kedua jenis pekerjaan ini. πŸ™‚

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Yup! Di Al Qur’an juga sudah dijelaskan demikian πŸ™‚

Cupit August 25, 2012 Reply

yang penting motivasi harus tetep ada kang.. πŸ™‚

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Harus itu! Semangat kang! πŸ™‚

Rafi El Barcelonitas August 28, 2012 Reply

Ikut nimbrung gan

soewoeng August 31, 2012 Reply

duh mental pegawai diriku

    Miftahur September 10, 2012 Reply

    Ayo berwirausaha Kang, biar ga selamanya jauh sama anak istri πŸ˜€

budi November 26, 2012 Reply

ane nyimak aja kang ya.

ALWARISAH April 8, 2013 Reply

artinya motivasi Entrepreneur uti lebih utama karena ia muncul dari dalam diri seseorang tidak karena perintah itu lebih baik, trm kshhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories