Home Arsip

Pengamen

Dulu, duluuuuuuuuuuuuuu sekali waktu (sekitar 1 tahun yang lalu) aku pergi.
Pergi ke Surabaya naik bis antar kota dengan riang gembira dan hati ceria tanpa luka (Walah… mulai nggladrah).

Waktu itu berangkatku pagi hari, ya nggak pagi-pagi amat sich. soalnya amat nggak ikut sekitar jam setengah delapan.

Perjalanan berlalu dengan tenang dan tidak ada yang spesial. Tapi… setelah bis meninggalkan terminal Jombang, seorang pemuda yang mengucapkan salam dan membuka acara mengamen menarik perhatianku, (aku emang seneng kalo ada yang nyanyi di bus, asal lagunya enak) apalagi pas dia mulai melantunkan lafadz demi lafadz ayat ayat cinta lagunya. Sebenernya bukan suara atau penampilannya yang membuatku antusias, tapi lirik dalam lagu itu yang membuat hati ini bergetar.

Sebenernya aku kurang hafal sich sama liriknya, habis udah lama banget. Tapi kemarin secara gak sengaja aku nemu lirik itu di salah satu listnya Mbah Google pas aku nyari-nyari lagu pengamen yang asyik.

Sebenernya kalo mau nyari lagu pengamen tuh diterminal ato stasiun ini malah di google ya mana ketemu!

eit!, tapi jangan salah di salah satu daftar lagunya mbah google ada lho lagu pengamen yang enak banget di dengerin, klo ga percaya nih lagunya.

Kembali ke pohon lirik yang tadi, liriknya bisa membuat hati ini merinding. Sesuai dengan realita kehidupan yang aku lihat saat itu. kurang lebih sepenggal liriknya seperti ini : (bukan maksud hati memotong atau mensensor penggalan lainnya tapi aku masih lupa liriknya)


ternyata begitu berat
jalankan semua printahMu
bekerja dan terus bekerja
tak kenal lelah dan tak kenal waktu

gema adzan subuh, kami tidur terlelap
gema adzan dhuhur, kami sibuk bekerja
gema adzan ashar, kami geluti dunia

gema adzan magrib, kami diperjalanan
gema adzan isya’, lelah tubuhku Tuhan
tak pernah lagi, kubaca firman-Mu
pantaskah surga untukku ?

tak pantas aku di Surga-Mu
tak kuat aku di Neraka-Mu
berikan kami pentunjukmu

(bla bla bla aku udah lupa)...

gimana? Sesuai banget kan sama kebanyakan kehidupan di kota? entah gimana pendapat kalian tentang lagu ini silahkan berpendapat. Karena memang masih banyak orang di kota yang bekerja tanpa melupakan waktu untuk beribadah.

Nggak usah di kota, disini saja, di desaku yang kucinta pujaan hatiku ini kayaknya udah sering lho aku ngliatin kesibukan yang kayak di lirik itu, kesibukan yang menyita waktu untuk beribadah, kesibukan yang seakan melupakan Tuhan. Lagu ini mengingatkan kepada mereka yang menghabiskan waktunya untuk mengurus kehidupan dunia hingga lupa pada yang Maha Kuasa.

Setelah teringat sama lirik itu, akupun berusaha mencari judul, pengarang, atau kalo mungkin lagunya sekalian kesana-kemari.

Udah tak ubek-ubek tuh Si google, nggak ada. Aku tanya ke tukang asongan (yang ini kenalanku), dia sering denger tapi nggak tau judulnya. Aku tanya di Yahoo Answer, nggak ada yang tau. Aku tanya lewat chatting, nggak tau juga. Aku tanya…… Stop! (ntar supir sama kondektur bis kamu tanya juga)

Jangankan ketemu pengarangnya, judul lagunya aja nggak ada yang tau. Yang jelas, siapapun pengarang lagu ini aku berikan apresiasi untuk dirimu (kali aja pengarangnya sempat baca blog ini hahaha). Lagu yang sangat pantas dinyanyikan di dalam bis, sebuah tempat manusia berkumpul untuk berangkat maupun berpulang bekerja. Terima kasih, sekali lagi terima kasih atas lagunya.

Nambah : Kalau ada yang tau apapun tentang lagu, kasih tau aku ya!, syukur-syukur kalo ada yang mau rekamin buat kita semua

:)

The following two tabs change content below.

Miftahur

Marketing Manager at Teeshoot Kaos Fotografi
Miftahur Roziqin, “Seorang Muslim, Mahasiswa, & Blogger yang punya passion di dunia IT dan Entrepreneurship”
By Miftahur Roziqin
Published: May 3, 2009
Pengamen Rating: 4.5 9597 reviews. Anda dapat mempublikasikan dan menulis ulang artikel Pengamen di Miftahur.com. Dengan syarat Anda tetap mencantumkan credit sumber dengan URL.

26 thoughts on “Pengamen

  1. Tadi saya sudah tanya ma pengamennya, ternyata … dia juga ndak tahu judulnya. Tapi besok mau cari pengamen yang lain saja, mungkin dia tahu judulnya. Saya jadi penasaran Sueer!

  2. Judul..????
    itu hanyalah lagu dari sekumpulan pengamen yang ingin mencurahkan isi hatinya,, entah darimana lagu itu berawal,, yang jelas di sepanjang jalur pantura dari cikampek sampai surabaya hampir seluruh pengamen tau dengan lagu itu dan lagu itu pun mengalir begiti saja tanpa tahu siapa penciptanya,,

    Sungguh hebat yang menciptakan lagu ini,,
    dia tidak mengharap imbalan apapun tetapi lagunya cukup menusuk di hati kita dan mengingatkan kita untuk beribadah,, :q:

  3. untuk smuanya aq mohon banget ntah kapan klian dapet kbar ttg dimana t4 download tu lagu q mohon q dikasi tau….cz aq seneng banget ma tu lagu….. :q: :b:

  4. kemaren dengar lagu ini..
    lyric nya bikin merinding..
    udah nyoba nyari di google ga ketemu2..
    kalao ada yang punya atau nemu tolong kasih tau ya…

  5. sial kirain link lagu td..
    ga bener ne.
    ane uda nyari lagu ini 4 tahun gan..di angkot bogor uda muncul dr taon 2006.
    ga dpt2 jg..pernah si denger di tv..tp masi jauh bagusan versi pengamen.

  6. aku dulu emang perna jadi anak jalanan, aku juga sering nyanyiin lagu ini, tapi jujur aku juga nggak bdegitu hafal dengan judulnya, maksudku kurtang tau. tapi kata temen2 ku si judulnya kesaksian. tau nggak setelah aku uda nggak hidup di jalanan, dan aku uda kerja di kantoran aku juga cari2 di 4share lagu ini, tapi aku nggk nemuin juga. dan aku slalu ingan dulu lagu ini yg memberi aku 500 atau bahkan 100 rupiah buat aku beli beli rokok.

  7. tu lagu pernah muncul di kick andi metro tv..tp sayang aq sempet denger blakang2 nya aja..yg mbawakan juga anak jalanan,,aq tersentuh bgt ma liriknya..ini sbenernya aq lg proses gogling..eh gk dpt juga..

  8. udah ada yang dpet lgunya belum…??
    pnasaran bgt ma lgu itu….kmaren pas naek bis kota dnger t lagu enak bgt pas sma suara pngamenya..
    klo ada yg udah dpet kAbar2 yaww………

  9. ternyata banyak yang suka juga ma ini lagu..
    pertama kali denger waktu masih kuliah th 05-06 an di Bus 86. benar2 mengena dihati liriknya, tp sekarang dah jarang denger lg.. kalo ada yang tau t4 downloadnya di shared yak..

  10. aku pernah punya cd nya boss…kalau nggak salah itu dah di nyanyikan oleh h wafiq azizah atau sulis..aku lupa tuch…

  11. Pingback: Gema Adzan, Lagu Pengamen Yang Fenomenal | Miftahur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>