Arsip

Pengaruh Cahaya Terhadap Perkecambahan Kacang Hijau

Rumusan Masalah: Apakah cahaya mempengaruhi proses perkecambahan pada kacang hijau?

Hipotesis: Cahaya dapat memperlambat pertumbuhan kacang hijau.

Alat:

  • Gelas Aqua
  • Penggaris

Bahan:

  • Biji Kacang Hijau
  • Kapas
  • Air

Tujuan: Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor cahaya terhadap perkecambahan kacang hijau

Cara Kerja:

  1. Menyiapkan 2 gelas aqua dan memasukkan kapas dan air ke dalam gelas aqua tersebut.
  2. Meletakkan biji kacang hijau diatas kapas tadi.
  3. Memberi nama/tanda pada 2 gelas aqua tadi (A dan B).
  4. Gelas A diletakkan di tempat yang memperoleh cahaya cukup, gelas B diletakkan di tempat yang tidak memperoleh cahaya.
  5. Mengamati pertumbuhan biji kacang hijau setiap hari selama 7 hari.

Tabel Hasil Pengamatan

Hari ke- Panjang Kacang Hijau (cm)
Gelas A Gelas B
1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
1
2 1 1 0,7 0,6 0,8 1,2 1 1,5 1 1
3 1,2 1,1 0,8 1 1,1 2,3 2,1 2 2,5 2,4
4 5 4 0,8 4,5 1,2 8 9,5 2,5 9,8 8,5
5 7,6 6,2 0,8 9,8 1,2 11 12,6 3,2 13,2 11,8
6 11 10,3 0,8 13 1,2 18,5 19,4 5 19,5 19

Kesimpulan
Pada dasarnya tumbuhan membutuhkan cahaya. Banyak sedikitnya cahaya yang dibutuhkan tiap tumbuhan berbeda-beda. Dari percobaan yang telah kita lakukan terhadap perkecambahan kacang hijau dengan biji, air dalam dalam kapas yang sama namun dengan cahaya yang berbeda (ditempatkan pada tempat yang bercahaya dan tanpa cahaya), kita dapat mengambil kesimpulan bahwa hipotesis yang kita perkirakan telah benar.

Tumbuhan yang berada pada tempat gelap akan lebih cepat tinggi (etiolasi) daripada tumbuhan yang berada di tempat terang/bercahaya. Atau dapat dikatakan bahwa cahaya memperlambat/menghambat pertumbuhan meninggi (primer). Hal tersebut dapat terjadi karena cahaya dapat menguraikan auksin.

71 comments

Reza July 27, 2010 Reply

terima kasih infonya….

nova July 28, 2010 Reply

mas, pke host pa??? kug blakang e bisa cuma pake ekor “.com”?? punyaku masih panjang eg…

karzanik July 28, 2010 Reply

wa terasa kembali ke sekolah nih…..

Kyoruu July 28, 2010 Reply

Huueeh ~
Ngga sengaja mw cari laporan Bio dari net..
Ngga tw na ketemu d blogmu..
Ngga berani ngcopy dah.. XD

Vinny August 4, 2010 Reply

Ngejiplak,,g’ apa2 kan???
Hehehe

erika August 5, 2010 Reply

Thx bwt infonya…

rizaocta August 8, 2010 Reply

apa pertumbuhan kacang merah akan sama dengan kacang hijau? dalam segi panjang tumbuhannya!

Marisa August 8, 2010 Reply

makasi,, jd bisa nyelesaiin tugas nhe..

Icha August 10, 2010 Reply

Mxsh wat info.a mang ge ada tugas na . . Gpp kan di c0py?

Asop August 13, 2010 Reply

Jadi ingat percobaan menanam kacang hijau dengan kapas waktu SMP… 😀

zee August 18, 2010 Reply

laporannya masih kurang lengkap

Gaby Calisha Azzahra August 21, 2010 Reply

Alhamdulilah, akhirnya dapat juga hipotesis pertumbuhan kacang hijau di tempat gelap dan banyak cahaya 😀

patricia August 22, 2010 Reply

hay caem . . . . . ?
mw tanx tentang refrensi perkembangan biji kacang hijau itu apha ? ? ?
before,thankz yach buat jawabanx . . . ? aqw tunggu jawabanx secepatx

Miftahur August 22, 2010 Reply

@All: Silahkan kalo mau ambil buat referensi tugas di sekolah 🙂

@patricia: Referensiku pertama pake Buku Paket dari penerbit Erlangga, trus dibuktikan dengan percobaan.

ryanty August 24, 2010 Reply

emanX cusah beut Ea pEljan IPA bio. Pucing pkE’ PrAktek2 cglA. PUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCCIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG

patricia August 24, 2010 Reply

makasih ya atas saranx ntar q cba dulu dech ……..tp q msih bingung………?????????????? cz bsk udh dikumpulin

medleyn'erz September 1, 2010 Reply

thanks bgt eah bwt infonya….
Copy bisa khan..??

Novita September 1, 2010 Reply

Thanks…….
ini sangat berguna…..

dika_rokavansea September 11, 2010 Reply

kk makasi, mungkin bisa ditambahkan sedikit apa resepnya pintar kayak gitu??????????

Wenny :D September 16, 2010 Reply

thx yah . ! karna akuh di suruh lakuin percobaan tp[i bingung karna gurunya ngga jls neranginnya

# untungnya da website inih . 1
mksih…mksih…mksih… apa lagi ada hasil pngamatannya :))

meli gustina sari September 20, 2010 Reply

thanks god… thank u…

dika_rokavansea October 1, 2010 Reply

kk tolong tambah lagi infonya dengan cara di isi daftar isi, daftar pustaka, dan yg laennya!!!!!! tapi thanks atas kerjaannya kk!!!!!

Ansor October 6, 2010 Reply

bagus,sahabat.
ngomong -ngomong,anda seorang kader Pelajar Islam Indonesia (PII)ya?kok nama blognya Pelajar Islam.

diiah azura October 9, 2010 Reply

thank ataz info.na………………

RenNa TaNaka October 28, 2010 Reply

Haloow kak . Btw ,, Q binGung dgn laporanx k” niie . Q ad buat praktek kecambah jga . Tpi ,, dlm hsil pngamatanku , kacang hijau yg disimpan dkat chya mlah lbih cpt prtmbuhanx . N daunx wrna ijo . Klu ditmpt gelap mlah kekuningan daun n btngx . Trus pnjg kecambah ditmpt yg terang lbih pnjg drpd ditmpt yg gelap . Knpa bisa berbeda hsil kta kak ? Q jdi bngung . Pdhal tgasku ud mO dipresentasikan ke dpan . Mhon pnjelasanx ya kak . Pliiz …. Ditngu blasanx .

LoFtY November 8, 2010 Reply

makasih.but.tlg pengaruh air n unsur haranya juga dunx…thx

uti December 8, 2010 Reply

ijin copas yaaa

yusril January 11, 2011 Reply

trima ksih atas infonya y /////////////???????????

ChiSaku Heroes February 23, 2011 Reply

pantesan aja… aku eksperimen di sekolah, yang kena cahaya malah busuk… berjamur lagi

tika February 26, 2011 Reply

ne, gomawoyo oppa atas info2 d atas ^_^

rosi March 27, 2011 Reply

maaf mas/mbak.. ini ga ada daftar pustakanya yya… jd tidak bisa dibendingkan dengan teori yang ada.. makasih yya..

adela amandari July 13, 2011 Reply

izin copas dikit ya.. buat ngerjain tugas sekolah 🙂

nurwahidah July 14, 2011 Reply

thank’s for ur help,,,,

dhiaz zauhara July 25, 2011 Reply

thax y ka’,ats info@………; )

echi July 28, 2011 Reply

hem……… thanks ea….

Whiwhiphiphirhirhi Slaluw August 1, 2011 Reply

Kak Pembahasannya dong ??? Aq butuH peMbahasaNx nHeg ???

dinda August 1, 2011 Reply

duhh thank you bnget atas informasi’a..
mudah”an dpt nilai okk..
aminn..

vhilia turnip August 3, 2011 Reply

tq..
Ne mmbantu bgt bwt ngerjain praktek bio ntar..

gustyy August 4, 2011 Reply

thanks ya
karna infonya tugas jadi selesaiii

EMY MAISYAH BORHAP August 4, 2011 Reply

ThanKZ yH .,.,., tNpa d SADARi U dH mmPErmUDAH LAPoran Ilmiah Q.,., thankz.,., JD q gMpampang bwt LPOrannya

Athifah Khairunnisa August 7, 2011 Reply

thx info.a,,.. lengkap sdh laporan Ilmiah Bio.Q
😀

hamisa August 7, 2011 Reply

alhmdulilah, maksh yah… sangat membantu tugas praktekku nieh…

santo August 9, 2011 Reply

trimakasih atas infonya ya………..!!!!!!!!!!

Thya August 10, 2011 Reply

Thanks Yach kk ats infox,,,

ocy August 17, 2011 Reply

thnx bgt

ric_tha August 19, 2011 Reply

thankz ya dha mmbantu tgas biologiQ……

Farah_ August 22, 2011 Reply

makasi infonya..sangat membantu 😉

steven@3 August 28, 2011 Reply

makasih infonya sangat membantu,,, back to school

ida September 2, 2011 Reply

thankx ya aku nggak repot dan mikir panjang lebar krn aqu bisa ambil tgs di sni,,semoga nilaiku memuaskan

sindy September 2, 2011 Reply

thanks

herjumaedy September 5, 2011 Reply

chaya mmang berpngruh trhdap perkcmbhan…
nmun perkecmbhan jga mmbtuhkan cahaya yg ckup untuk tumbuh & brkmbang scara normal.

zufa September 8, 2011 Reply

terima kasih untuk semuanya.
membuat aku lebih mengerti.

elegi September 10, 2011 Reply

kk aturan yg selama 7hr donk jadi q bisa tau …? 😀 sekalian q pinjem buat tugas sekolah …. hihihihi

fari dwicahyo September 14, 2011 Reply

trimakasih yahc aku jadi cepat analisis nya makachi

nurul September 18, 2011 Reply

thank’z ya info.y 🙂

tsya September 18, 2011 Reply

kak , itu normal gk sih ?

bma September 20, 2011 Reply

Punya potonya gak ?

udha September 28, 2011 Reply

landasan teorinya apa???

pita clara simamora October 8, 2011 Reply

apa saja faktor yang membuat batang pada kacang tersebut apabila diletakkan pada tempat gelap menjadi kurus, tinggi,batang

Aulia Rahmah Alhafidz October 25, 2011 Reply

Makasih yaak? Aku dapet tugas sama persis kayak gini.. Jadi tau deeh 😀
Tapi, aku gangerti apa sih ‘auksin’ itu?

    nevi November 20, 2011 Reply

    Thanks yach
    . Aqkoe jdie mudah ngerjain tgas khue
    coz persis bngetz……
    jdie gug sulit” dech
    😀

Azmin Al Barokah January 25, 2012 Reply

Terima kasih,, atas informasinya,.. sekali lagi saya ucapkan terima kasih, krna sangat bermanfaat buat saya….. dan juga memudahkan saya untuk mengerjakan tugas… Good Bye

yoga setiawan July 21, 2012 Reply

thank.s infonya kak. ane jga dpt tgas gini. ijin copas dikit tpi tnang aja ane ganti2 kok kata2nya…

Nurul July 31, 2012 Reply

Bagus banget, tapi tambah Variabel Penelitian dan Rencana analisis data dong.. biar tambah lengkap. Thanks 🙂

yusuf rifki September 3, 2012 Reply

thangs ya bro

Taza Yuniar September 9, 2012 Reply

makaseeehhh eaw tas info2na …. 🙂

yoriz illuminati December 27, 2012 Reply

makasih banyak atas informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories