Pengen Liburan Tapi Tidak Punya Teman? Coba Naik Kereta Api dan Ikuti 6 Tips Ini

Pernah enggak sih kamu ingin liburan, namun tidak ada satu orang pun yang bisa diajak berpergian? Jika YA, kamu perlu baca tulisan ini sampai habis, untuk menemukan solusinya.

Umumnya liburan itu dilakukan bersama keluarga, kekasih, atau teman, agar lebih seru dan menyenangkan. Tapi sayangnya, mereka tidak selalu siap dan ada untuk diajak berlibur, di saat kita ingin. Jika sudah begini, kamu punya dua pilihan, menunda waktu berlibur atau tetap berangkat liburan sendiri.

Nah, jika kamu memutuskan liburan sendiri, yuk simak tips backpacker atau orang-orang yang hobi traveling sendirian di bawah ini :

Ttraveling Kereta
Sumber : Alidesta.wordpress.com

Perjalanan Lebih Berarti dengan Naik Kereta Api (untuk jalur darat)

Orang-orang yang hobi traveling sendiri cenderung memilih kereta api untuk transportasi. Kenapa?

  • Tiket kereta api itu murah dan mudah didapat
  • Fasilitas dan pelayanan kereta api semakin baik
  • Letak stasiun biasanya strategis dan dekat kawasan tujuan wisata
  • Waktu perjalanan yang berkesan (tidak terlalu cepat, namun tidak juga lambat). Kereta itu bebas macet dan kerap disuguhi pemandangan yang memikat di setiap jurusan perjalanan. Momen yang pas untuk me time dan refresh pikiran

Bila kamu tertarik untuk mencoba liburan sendiri dengan kereta api, yuk simak 6 tips berikut. Panduan yang akan membuat perjalanan liburan tetap menyenangkan dan berkesan.

Tips Liburan Sendiri dengan Kereta Api

●     Hunting Tiket secara Online

Perkembangan dan kecanggihan teknologi semakin memudahkan kita untuk mendapatkan tiket kereta api. Kamu hanya perlu menentukan jadwal keberangkatan, kelas kereta, cek harga, lalu booking secara online. Bagaimana caranya? Langsung buka website Traveloka dan pilih jadwal kereta untuk persiapan liburan kamu.

Jika beruntung dan waktunya tepat, kamu pun bisa mendapatkan harga promo atau diskon menarik dari agen bersangkutan. Untuk itu, sangat dianjurkan hunting tiket kereta jauh-jauh hari sebelum jadwal keberangkatan.

●     Pilihlah Seat yang Dekat dengan Jendela

Bila kamu traveling sendirian dengan kereta, dianjurkan untuk memilih seat (kursi) yang dekat dengan jendela. Posisi yang membuatmu bisa melihat pemandangan di luar. Selain cocok untuk refresh pikiran, duduk dekat jendela juga bisa mengusir rasa kesepian dan sendirian selama perjalanan.

Jika kamu memiliki teman sebangku, tidak ada salahnya untuk berkomunikasi. Liburan sendiri juga bisa jadi momen mendapatkan teman baru, pengalaman baru, dan menemukan ide-ide segar.

●     Siapkan Camilan untuk Memecah Kebosanan

Jika lokasi liburan yang dituju cukup jauh, camilan bisa jadi penyelamat sementara. Perjalanan jauh akan menguras tenagamu dan tidak jarang menimbulkan rasa bosan. Untuk itu siapkan camilan yang disukai untuk liburan, usai beli tiket kai di Traveloka.

Bawa camilan sendiri pun cenderung lebih hemat dan terjamin kebersihan, serta kesehatannya. Camilan tersebut bisa membuat sendiri atau membeli di tempat-tempat favorit.

●     Pastikan Membawa Power Bank

Berlibur tidak lengkap bila tanpa jepretan kamera. Alat untuk mengabadikan momen untuk jadi koleksi pribadi atau di share di jejaring sosial. Nah, untuk menjamin baterai kamera tetap penuh, pastikan membawa power bank yang sudah diisi.

Dengan demikian kamu tidak terlalu bergantung pada ada tidaknya stop kontak listrik. Kamu bisa mengisi ulang daya listrik power bank, ketika istirahat di penginapan atau sedang dalam kereta api.

●     Berpakaian Nyaman dan Selalu Waspada

Karena kamu berlibur sendiri, usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dan membawa barang secukupnya. Alasannya, agar kamu lebih leluasa bergerak dan tidak terlalu mengkhawatirkan barang bawaan. Kamu juga perlu tetap waspada dan menjaga barang-barang yang dibawa selama perjalanan. Ingat, kamu melakukan perjalanan sendiri, jadi perlu berhati-hati.

●     Pilih Turun di Stasiun yang Dekat dengan Penginapan dan Tujuan Wisata

Ada banyak keuntungan, bila kamu memilih turun di stasiun kereta api yang dekat dengan kawasan wisata tujuan dan penginapan. Kamu bisa menghemat tenaga, memiliki waktu lebih banyak untuk menikmati liburan, meminimalisir biaya transportasi, hingga mengantisipasi kendala di jalan seperti macet atau takut ketinggalan kereta kembali.

Demikian 6 tips aman dan nyaman menggunakan jasa kereta api untuk berlibur sendiri. Cara liburan yang berkesan dan menantang, untuk mengisi waktu senggang. Tak perlu takut atau khawatir, karena cukup banyak traveler yang melakukan perjalanan liburan sendiri.

Liburan sendiri. tak berarti sepi, karena kamu bisa mencari teman baru, menemukan inspirasi, dan masih banyak lagi. Jika tidak percaya, coba beranikan diri pergi liburan sendiri dan kamu akan tahu betapa serunya hal itu. Semoga bermanfaat!

The following two tabs change content below.
Miftahur Roziqin, “Seorang Muslim, Mahasiswa, & Blogger yang punya passion di dunia IT dan Entrepreneurship”