Arsip

Program Menghitung Gaji PNS

Setelah tugas Pascal yang saya posting, sekarang ada program yang cukup menarik untuk belajar Pascal bagi pemula. (Lagi-lagi Pascal, emang ga ada ide lain selain nulis tentang Pascal ya?)

Berhubung mendekati OSK (Olimpiade Sains Kabupaten) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, maka di sekolahku diadakan beberapa bimbingan persiapan olimpiade, termasuk untuk olimpiade komputer.

Mungkin program yang saya tulis ini dapat menjadi referensi contoh-contoh program Pascal untuk pemula.

Dan inilah Program Menghitung Gaji PNS 2010 dengan beberapa variasi yang saya buat menggunakan Turbo Pascal for Windows versi 1.5 :

{Nama Program: Menghitung Gaji PNS}
{Programmer: Miftahur Roziqin}
{Tanggal Pembuatan: 4 April 2010}

Program Hitung_Gaji;

Uses
Wincrt;

Var
Nama,Gol,Ulangi:String;
PPN,Gaji,Gaji_Bersih,Total:Real;
Masa:Integer;

Begin

Repeat
GotoXY(33,5); Writeln(‘TEKAN ENTER!’);
clrscr;
GotoXY(33,6); Writeln(‘TEKAN ENTER!’);
clrscr;
GotoXY(33,7); Writeln(‘TEKAN ENTER!’);
clrscr;
GotoXY(33,6); Writeln(‘TEKAN ENTER!’);

Until
Keypressed;

Clrscr;

Repeat
Writeln(‘SELAMAT DATANG DI PROGRAM PENGHITUNG GAJI BERSIH PNS’);
Writeln(‘PROGRAM INI AKAN MENGHITUNG GAJI PNS BERDASARKAN GOLONGAN DAN MASA KERJANYA’);
writeln(”);
readkey;
readkey;
Writeln(‘Perhatian: Harap tulis dengan huruf kapital!’);
writeln(”);

Write(‘Nama PNS : ‘); Readln(Nama);
Write(‘Golongan (IA,IIA,IIB,IIC,IID,IIIA,IVA,IVD,IVE) : ‘); Readln(Gol);
Write(‘Masa Kerja (Tahun) : ‘); Readln(Masa);

If (Gol=’IA’) then
Begin
case Masa of
0..3:gaji:=1040000;
4..15:gaji:=1091700;
16..70:gaji:=1262700;
end;
End;

If (Gol=’IIA’) then
Begin
case Masa of
0..70:gaji:=1320300;
end;
End;

If (Gol=’IIB’) then
Begin
case Masa of
0..14:gaji:=1462300;
15..70:gaji:=1650800;
end;
End;

If (Gol=’IIC’) then
Begin
case Masa of
0..6:gaji:=1487600;
7..14:gaji:=1561600;
15..70:gaji:=1720700;
end;
End;

If (Gol=’IID’) then
Begin
case Masa of
0..6:gaji:=1550600;
7..14:gaji:=1627600;
15..70:gaji:=1793400;
end;
End;

If (Gol=’IIIA’) then
Begin
case Masa of
0..3:gaji:=1655800;
4..9:gaji:=1738100;
10..70:gaji:=1869300;
end;
End;

If (Gol=’IVA’) then
Begin
case Masa of
0..3:gaji:=1954300;
4..9:gaji:=2051400;
10..31:gaji:=2206200;
32..70:gaji:=2880800;
end;
End;

If (Gol=’IVD’) then
Begin
case Masa of
0..3:gaji:=2212900;
4..9:gaji:=2322900;
10..31:gaji:=2498200;
32..70:gaji:=3262000;
end;
End;

If (Gol=’IVE’) then
Begin
case Masa of
0..3:gaji:=2306500;
4..9:gaji:=2421200;
10..31:gaji:=2603900;
32..70:gaji:=3400000;
end;
End;

PPN:=1/10*Gaji;
Total:=Gaji-PPN;
Writeln(‘Jadi, Gaji Bersih ‘,Nama,’ dengan Masa Kerja ‘,Masa,’ Tahun setelah dikurangi PPN 10%’);
Writeln(‘Adalah: Rp’,Total:0:0);
Writeln(”);
GotoXY(21,20); Writeln(‘NB. Daftar Gaji diperoleh dari: http://nasional.tvone.co.id’);
writeln(”);
readkey;
clrscr;
Write(‘Ingin menghitung gaji lagi ? (Y / N)’);
Readln(Ulangi);
Clrscr;
Until (Ulangi=’N’) or (Ulangi=’n’);

GotoXY(12,7); Writeln(‘Terima kasih Anda telah menggunakan program ini ^_^ ‘);

End.

13 comments

fauza April 8, 2010 Reply

mif…….. ada award tu buat pean… tak tunggu kunjungan balik.e n langsung aja diambil award.nya, hahahai

Hanif April 9, 2010 Reply

doyan yah maenan pascal hehe… saya dulu dari 10 soal dasar kalau gak salah cuma 4 soal bisanya. hehe.

bukan detikcom April 12, 2010 Reply

Ini mah…kalo di pakai hitung gajinya gayus pasti eror tuh sob… 😀

demoffy April 13, 2010 Reply

wah, temenku pada huebat-huebat semua…

aku masih belum mudheng… 🙁

carito April 16, 2010 Reply

sayang aku blum jd pns hiks

movie April 17, 2010 Reply

yang bhs java ada ga gan?

download all movie

and1k April 19, 2010 Reply

waduh saya masih belum paham ama bahasa pemrograman

Dk May 2, 2010 Reply

yang saya tunggu2 neh,
kapan gaji pegwai naik pak

sutarman July 8, 2010 Reply

program yang udah jadi nya ada
saya PNS ingin menghitung gaji saya
kebetulan pekerjaan saya berhubungan dengan perhitungan gaji PNS

trims
sutarman

cemploon February 9, 2011 Reply

terimakasih atas referensinya..
salam kenal…

Eto September 27, 2011 Reply

Gan, bole tolongin gak? ada tugas, uda pusing ni gk ngerti..
Bole ngebantuin gk gan? minta ilmu nya dikit..

Zanetha November 12, 2012 Reply

lumayan untuk latihan mah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories