Arsip

Tanya Jawab Perkecambahan

1. Apakah cahaya mempengaruhi proses perkecambahan pada kacang hijau?

Jawab: Ya

2. Apa pengaruh cahaya pada perkecambahan kacang hijau?

Jawab: Cahaya dapat memperlambat perkecambahan kacang hijau.

3. Apakah terjadi perbedaan antara pertumbuhan kacang hijau di tempat yang terkena cahaya dan pertumbuhan kacang hijau di tempat gelap?

Jawab: Ya, Gelas A yang di letakkan di tempat bercahaya, bijinya tumbuh  agak lambat tetapi memiliki batang yang kuat dan daun berwarna hijau yang segar. Sedangkan Gelas B yang diletakkan di tempat gelap, bijinya tumbuh dengan cepat, akan tetapi batangnya tidak kuat dan daunnya berwarna kuning.

4. Apa yang membuat biji kacang hijau di gelas B lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan dengan biji kacang hijau pada gelas A?

Jawab: Tumbuhan memiliki hormon Auksin yang dapat mempercepat proses pertumbuhan. Hormon Auksin tersebut akan rusak jika terkena cahaya. Hal inilah yang menyebabkan biji di gelas A pertumbuhannya lebih lambat dari biji di gelas B.

5. Selain hormon Auksin, hormon apa lagi yang terdapat pada tumbuhan? Dan apa saja fungsinya?

Jawab:

a. Giberelin: Berfungsi merangsang aktifitas kambium, menyebabkan tanaman tumbuh raksasa, menyebabkan buah sangat besar dan tidak berbiji, meningkatkan pemanjangan batang, mempercepat tumbuhnya bunga sebelum waktunya, mempengaruhi pertumbuhan embrio dan kecambah, menghambat dormansi.

b. Sitokinin: Berfungsi merangsang pembentukan sel dengan cepat, mempengaruhi pertumbuhan tunas, memperkecil dominasi apical, mengatur pertumbuhan bunga dan buah, menunda pengguguran daun.

c. Gas Etilen: Berfungsi mengatur pembungaan, mempercepat pemasakan buah, menyebabkan pertumbuhan batang menjadi tebal dan kukuh.

d. Asam Absisat: Berfungsi menghambat pertumbuhan tanaman, membantu tumbuhan untuk bertahan pada kondisi lingkungan yang kurang baik.

e. Kalin: Berfungsi merangsang pembentukan batang (kaulokalin), akar (rizokalin), buah (filokalin), bunga (antokalin).

f. Dormin: berfungsi dalam pengguguran daun.

g. Asam Traumalin: Berfungsi merangsang pembentukan sel di daerah luka.

6. Apa yang membuat daun kacang hijau berwarna hijau oada gelas A dan berwarna kuning pada gelas B?

Jawab: Kacang hijau yang berada pada gelas A mendapatkan cahaya matahari yang cukup untuk melakukan proses fotosintesis, sehingga proses fotosintesis dapat dilaksanakan dengan baik dan daun kacang hijau pun berwarna hijau segar. Sedangkan kacang hijau yang berada pada gelas B diletakkan di tempat gelap tanpa ada cahaya matahari.Jadi, proses fotosintesis tidak dapat berlangsung, sehingga daun kacang hijau pada gelas B berwarna kuning pucat.

7. Selain cahaya, apa lagi faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman?

Jawab: Air, mineral, suhu, kelembaban udara, media tanam, dll.

CATATAN: Gelas A diletakkan di tempat yang memperoleh cahaya cukup, gelas B diletakkan di tempat yang tidak memperoleh cahaya.

18 comments

Reza Saputra August 7, 2010 Reply

temanku kemarin dapet nilai tertinggi pas melakukan percobaan ini, sedangkan yang lainnya pada cari di internet…

Andank August 7, 2010 Reply

Wah belum nyoba tuh…

mubaroki August 8, 2010 Reply

dah lama gk berkunjung…

Jual Perlengkapan Touring Untuk Mudik August 11, 2010 Reply

Ajibb….Come Back….Ya

Miftahur August 11, 2010 Reply

@Reza Saputra: yang nyari di Internet itu termasuk dirimu kan? hehe . . .

@Andank: Ayuk nyoba . . .

@Mubaroki: Sama . . .

@Jual: Dibaca g nih?

EOSS CELL August 12, 2010 Reply

SALAM KENAL BRO…!!!

putu August 18, 2010 Reply

Giberelin,Sitokinin,Gas Etilen,Kalin,Dormin,Asam Traumalin>>>hmmmm. .
mas, mau tanya KANTINnya dimana yah??? 😀

ndop August 19, 2010 Reply

apakah saya suka kecambah?

jawab: banget!

mega September 11, 2010 Reply

thanxs ya atas infonya.. sngat membantu,,,

dewi December 11, 2010 Reply

hm….mantap……….
tugas jd cpet kelar.ckckckc

mirza December 14, 2010 Reply

kang.mw numpang tanya..selain cahaya, apakah kandungan air juga mempengaruhi pertumbuhan kecambah?berapa banyak air yg dibutuhkan untuk proses ini [0-7cm], untuk merangsang “Giberelin” apa yg dibutuhkan?tx atas pencerahannya.

arini nurul jannah July 21, 2011 Reply

kang aq mau tanya yah …
apasih yang menyebabkan kacang hijau yg di tanam pada tempat dan media yang sama itu bisa berbeda panjangnya .
mohon penjelasan’a …
tx b4

Ira Siti Faridah September 13, 2011 Reply

Lumayan membantu. Trima kasih.

Salam kenal

oget sutomo October 13, 2011 Reply

kurang lengkap penjelasanya nya…..mohon lebih lengkap…agar komplit

Selvyn giawa August 12, 2012 Reply

Gue baru mengerti ni klo ud buka d’internet

hahhaha:)

thanks banget ya

Nobita August 28, 2012 Reply

kalo pada kacang hijau selain hormon auksin hormon apalagi yg mempengaruhi pertumbuhan/prkembangannya?

Wardiah Adam September 9, 2012 Reply

thank’s 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories