Entrepreneurship

Tidak Ada ‘Teori Pasti’ Dalam Dunia Bisnis

Teman-teman mungkin ada yang pernah mengikuti beberapa seminar bisnis, ada yang membaca beberapa buku bisnis, atau mendengar kisah-kisah para pengusaha sukses. Masing-masing dari mereka ternyata memiliki teori dan cerita tersendiri dalam meniti karirnya sebagai pengusaha.

Ada yang menjadi pengusaha berbekal ilmu bisnis dari kampus, ada pula yang justru berwirausaha karena keluar dari kampus. Ada yang berbisnis secara sistematis dengan membuat business plan kemudian mengimplementasikannya, ada pula yang bisnis langsung action tanpa persiapan terlalu banyak.

Ada pebisnis memulai usahanya dengan doa, sedekah, sholat tahajud, dan berbagai riyadhoh lainnya. Ada juga pebisnis yang memulai usaha dengan berhutang kepada bank.

Beberapa pengusaha mengatakan bahwa dalam berbisnis harus memiliki pencatatan keuangan yang baik dan lengkap. Namun, beberapa pengusaha lain justru menyarankan agar jangan terlalu hitung-hitungan dalam berbisnis.

Beberapa pebisnis sukses tidak memiliki keahlian khusus. Mereka akan mencari karyawan yang ahli sesuai kebutuhan. Namun, ada juga pebisnis sukses dari kalangan professional yang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu.

Kita tidak dapat mengatakan mana yang benar dan mana yang salah. Nyatanya pengusaha-pengusaha tersebut sama-sama sukses. Baik yang lebih banyak menggunakan ‘otak kanan’ maupun ‘otak kiri’, keduanya memiliki peluang untuk berhasil dalam berbisnis.

Kita tidak boleh mengklaim teori kita yang paling benar. Karena ada sangat banyak faktor di dunia ini yang membuat bisnis seseorang menjadi sukses.

Jika ada diantara kita yang masih bingung mau ikut teori yang mana, mintalah petunjuk kepada Tuhan. Semoga kita dibimbing dalam proses bisnis yang benar dan membawa kita pada kesuksesan.

Tuhan memang Maha Adil. DIA menciptakan manusia dalam berbagai bentuk, karakter, dan bakat yang berbeda-beda. Namun punya peluang sukses yang sama. Mereka akan berhasil jika mau bersyukur dan memanfaatkan potensi yang ada secara maksimal.

5 comments

kliknans May 19, 2013 Reply

betul sekali gan… tidak ada teori pasti perihal kesuksesan seseorang di dunia bisnis ini… masing2 punya cara dan pola pikir yang berbeda… tapi intinya tetep satu yaitu teraih nya kesuksesan berbisnis tersebut.. walaupun beda2 caranya…

thx..

Ndop May 20, 2013 Reply

Sangat setuju. Aku juga gak punya laporan keuangan. Yg ada malah laporan berapa duit yg aku harus zakatkan. Hehehe..

papapz May 20, 2013 Reply

yups bener banget mas saya juga suka iri kadang sama istri yang punya naluri bisnis yang bagus dibanding dengan saya.. mungkin saya akan nyari peluang bisnis yang lain dan semoga sukses 🙂 aamiin

Heru Piss May 21, 2013 Reply

Saya sepakat dengan judul ini, karena bisnis itu memang sangat kompleks. Seperti yang mas miftahur paparkan diatas, banyak sekali berbagai cara untuk mencapai sukses bisnis itu jadi tidak hanya dalam Teori saja,

Rina June 19, 2013 Reply

Dapat di ambil kesimpulan, setiap orang harus menemukan formulanya sendiri untuk bisa mewujudkan kesuksesannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories

Tips Agar Semangat Bisnis Tidak ‘panas-panas tahi ayam’ Oleh Yuszak M. Yahya