Entrepreneurship

Tips Agar Semangat Bisnis Tidak ‘panas-panas tahi ayam’ Oleh Yuszak M. Yahya

Pada postingan sebelumnya telah kita bahas tentang beberapa faktor yang menyebabkan semangat untuk berwirausaha hanya ‘panas-panas tahi ayam’. Jika Anda belum mengetahuinya, silahkan Anda membaca terlebih dahulu tentang Dream Big, Start Small – Smartpreneur Seminar Yogyakarta.

Selanjutnya di postingan kali ini saya share bagaimana solusi mengatasi permasalahan tersebut.
Smartpreneur Seminar
Sebagaimana yang dijelaskan oleh Yuszak M. Yahya pada seminar smartpreneur tersebut, yang dibutuhkan ketika memulai bisnis adalah sebuah “Great Team”.

Untuk membangun Great Team, kita membutuhkan: Advisor, Co-Founder, Investor, dan Community. Berikut penjelasannya:

Advisor: Ini adalah orang yang menjadi pelatih (coach) yang akan terus memberikan saran kepada kita.

Dalam seminar tersebut sempat ditayangkan sebuah film pendek tentang pentingnya seorang Coach, berikut ini video yang sempat saya rekam tersebut:


Co-Founder: Ini adalah orang yang ahli di bidang bisnis yang kita geluti. Misal, jika kita ingin berbisnis di bidang kuliner, tetapi kita ga bisa masak. Maka, ga perlu belajar dari 0 bagaimana menjadi koki yang handal. Kita cukup mencari orang yang pintar masak, inilah co-founder.

Investor: Jika modal kita terbatas, maka jangan ngotot untuk berjuang sendirian. Banyak orang diluar sana yang punya uang dan bersedia menginvestasikannya ke bisnis kita jika kita memiliki perencanaan yang baik. Investor sifatnya berbagi untung, berbagi resiko. Jadi jika rugi ditanggung bersama, jika ada laba juga dinikmati bersama.

Community: Komunitas sangat penting bagi kita, tidak hanya untuk menjaga agar semangat kita dalam berbisnis tetap stabil, namun juga untuk memperoleh berbagai ilmu-ilmu baru dari teman sesama pebisnis. Di Komunitas kita juga dapat memperoleh banyak relasi yang akan sangat penting untuk pertumbuhan bisnis kita.

Di akhir postingan ini saya share video rekaman ketika P. Budi Satria Isman mengisi acara Seminar Smartpreneur di Yogyakarta, semoga bermanfaat 🙂


6 comments

ndop November 4, 2013 Reply

Lha perjalanan kuliahmu piye mif, semester piro saiki? Wis entuk mata kuliah opi ae? Manfaate opo? diceritakan dong di postingan selanjutnya..

    Miftahur November 9, 2013 Reply

    Wah iyo Mas, wis semester V, begitu banyak yang bisa diceritakan… Insya Alloh next bakal tak tulis Mas…

dimas November 8, 2013 Reply

salam kenal mas

Pandu Dryad November 9, 2013 Reply

Owh jadi mencari co founder itu penting juga ya. pantes aja saya ngerasa berat banget waktu memulai hal yang belum saya kuasai sepenuhnya (beratnya karena harus belajar dulu >.<)

    Miftahur November 9, 2013 Reply

    Iya Mas, jadi Pengusaha ga harus bisa segalanya… bisa cari co-Founder, yg penting kita cukup memahaminya aja 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories