Arsip

Unsur-Unsur Utama (Rangkuman)

  • Anggota unsur utama adalah unsur-unsur dalam golongan A(IA – VIIIA)
  • Sifat-sifat fisika unsur-unsur utama golongan IA dan IIA dari atas ke bawah dalam tabel periodik antara lain energi ionisasi makin kecil, dan jari-jari ion makin besar. Adapun sifat kimianya adalah sangat reaktif, sifat logamnya bertambah (dari atas ke bawah dalam tabel periodik); bereaksi dengan oksigen, unsur halogen, air, asam encer,dan amonia.
  • Unsur-unsur golongan IIIA tidak sereaktif golongan IA dan IIA. Boron dapat bereaksi dengan unsur halogen, membentuk asam oksi, larut dalam air dan membentuk molekul-molekul ion raksasa dengan atom oksigen. Adapun garam aluminium akan mengkristal dalam larutannya sebagai hidrat.
  • Karbon dan silikon tidak reaktif pada suhu biasa. Karbon bereaksi langsung dengan fluor. Jika karbon dibakar dalam udara yang terbatas menghasilkan karbon monoksida. Karbon dapat membentuk ikatan kovalen tunggal, dan rangkap untuk membentuk senyawa organik.
  • Silikon bereaksi dengan halogen; jika dipanaskan membentuk oksida; membentuk garam dari asam oksi dan membentuk molekul-molekul dan ion-ion raksasa dengan atom oksigen.
  • Nitrogen dan fosfor  mempunyai energi ionisasi pertama yang cukup besar, yaitu masing-masing 1.406 kJ/mol dan 1.066 kJ/mol. Nitrogen dapat bereaksi dengan oksigen dengan bantuan bunga api listrik tegangan tinggi. Selain itu nitrogen juga dapat bereaksi dengan fluor membentuk nitrogen trifluorida dan bereaksi dengan logam membentuk nitrida ionik. Adapun fosfor bereaksi dengan logam IA dan IIA membentuk fosfida, bereaksi dengan halogen membentuk trihalida. Selain itu fosfor juga membentuk asam okso fosfor.
  • Oksigen membentuk senyawa dengan semua unsur kecuali dengan gas mulia. Adapun belerang mudah bereaksi dengan semua unsur, kecuali emas, platinum dan gas mulia.
  • Sifat-sifat fisika unsur halogen dari atas ke bawah dalam tabel periodik antara lain energi ionisasi makin kecil, jari-jari ion makin besar, dan potensial elektrode standar makin kecil. Unsur-unsur halogen dapat bereaksi dengan air, hidrogen, halogen, logam, hidrokarbon, serta dengan nonlogam dan metallid tertentu. Unsur halogen memiliki kereaktifan yang menurun dari fluor hingga iod.

3 comments

kodzan September 1, 2010 Reply

nice share… sangat edukatif, sayang hal tersebut telah saya tinggalkan saat saya menyeberang ke dunia IPS…..

salam kenal!

Fajar September 1, 2010 Reply

wah..tak copy’ne mas..buadt tambah materi.. mas, knjungi+komen belog baru ku yakk..

Andank September 1, 2010 Reply

Wih bisa jadi materi ku nanti nih. . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories