Renungan

Yang Super Dibalik Cover

ASEAN Paragames 2011 telah usai. Hingar bingarnya memang tak semeriah Sea Games. Namun, ada banyak sekali renungan maupun motivasi yang dapat kita ambil dari event ini.

ASEAN Paragames sendiri lahir dari motivasi-motivasi tinggi para Difabel yang ingin membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan yang tak kalah dari manusia normal pada umumnya.

Ni Ketut Mursi

Apa yang Anda pikirkan ketika melihat gambar disamping? Apakah Anda percaya jika itu adalah foto seorang Atlet Catur yang berhasil memperoleh medali emas?

Dia adalah Ni Ketut Mursi, seorang tukang pijat yang berhasil menjadi juara catur dan telah mempersembahkan 2 medali emas untuk Indonesia di ajang ASEAN Paragames 2011 lalu.

Foto Ni Ketut Mursi itu saya ambil dari akun Facebooknya yang entah bagaimana ia membuatnya. Apakah akun itu dibuatkan oleh temannya atau saudaranya, yang pasti ia tak bisa menikmati album-album foto nya layaknya kita dan orang-orang pada umumnya.

Ni Ketut Mursi telah menderita kebutaan sejak lahir. Seumur hidup kegelapan menjadi temannya di dunia. Jika melihat fotonya, mungkin sebagian orang akan meremehkannya. Namun, dibalik ‘Cover’ itu, ia memiliki kelebihan yang ‘Super’. Ni Ketut Mursi memiliki indra peraba yang sangat peka dan ingatan yang tajam sehingga bisa menjalankan dan mengingat posisi bidak-bidak catur untuk mengalahkan lawan-lawannya.

Selain Ni Ketut Mursi, masih banyak para Difabel lain yang memiliki kemampuan ‘Super’. Sayangnya, karena ‘Cover’ mereka yang cacat, kita sering mengabaikan mereka.

Salah satu hal yang dapat kita contoh dari mereka adalah Motivasi mereka yang luar biasa. Kekurangan fisik tidak menghalangi mereka untuk maju. Mereka memiliki kepercayaan diri yang kuat untuk menunjukkan kemampuannya dan meraih prestasi yang membanggakan. Tentunya hal ini juga tidak lepas dari dukungan pelatih dan orang-orang disekitarnya. Termasuk tugas kita pula untuk memotivasi mereka agar terus maju.

Jika para Difabel itu memiliki motivasi dan prestasi yang luar biasa, lalu bagaimana dengan kita yang dianugerahi ‘Cover’ yang normal dan lengkap ini? Bagaimana motivasi kita untuk maju? Apa yang sudah kita persembahkan untuk Negeri tercinta ini? Hanya masing-masing dari kita sendiri lah yang bisa menjawabnya.

11 comments

widha December 22, 2011 Reply

kalau untuk negeri saia belum pernah mempersembahkan semewah atlet itu 🙂

    Miftahur December 27, 2011 Reply

    Sama Mbak… Tapi kita tetap harus berusaha… Ganbatte!!! 😀

nug December 23, 2011 Reply

banyak orang hanya terpaku dari indera penglihatan bukan menggunakan indera perasa

    Miftahur December 27, 2011 Reply

    Orang yg g punya indera penglihatan normal, biasanya memiliki indra perasa yg luar biasa…

Sindhu December 23, 2011 Reply

Wah, kayaknya beliau juga mungkin mampu untuk melawan orang dengan penglihatan normal, karena belum tentu orang yg tidak cacat memiliki semangat seperti Ni Ketut Mursi… 😀

    Miftahur December 27, 2011 Reply

    Iya Mas… Semangatnya memang luar biasa…
    Kita juga jangan sampai kalah… terus pompa semangat dengan motivasi-motivasi baru setiap hari… 🙂

Anas December 25, 2011 Reply

Super sekali ni ketut mursi. aku mungkin kalah ketika main catur sama dia..

    Miftahur December 27, 2011 Reply

    Memang super!!!
    Apalagi aku Mas, lawan adik ku aja masih sering kalah 😛

ndop December 30, 2011 Reply

aku raiso dolanan skak… blas raiso.. isone mektor.. ayo Ni Ketut, tanding gambar vector karo aku.. wani po ra? eh

    Miftahur December 31, 2011 Reply

    Ni Ketut ora iso moco comment sampean mas…

Rojak is Reza December 30, 2011 Reply

hebat orang-orang seperti itu yaa, jadi malu saya yang normal tapi ga punya prestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Related stories

Sabar Menunda Kesenangan Untuk Kesenangan Yang Hakiki