Prestasi Indonesia adalah 3S

Aku baru saja dapat berita bagus dari Yahoo. Ceritanya tadi pas habis buka email, trus logout aku baca-baca berita dulu (ini hobiku bro… ๐Ÿ˜€ ).

Ternyata Indonesia yang dikenal dengan budaya “timur” nya mendapat peringkat tertinggi di dunia dari survey yang dilakukan oleh The Smiling Report 2009 (ternyata ada juga ya lembaga yang ngurusin masalah senyum ๐Ÿ™‚ ), budaya di Indonesia adalah 3 S (Senyum, Salam, Sapa). Kalo orang Indonesia sama tetangganya aja waktu lewat ndak nyapa pasti udah dikira sombong, cuek, acuh, dan laiyn liynnya <-waduh yang terakhir ini..

Secara umum, senyum membuat hati orang yang disenyumi lebih kaya tanpa menjadikan si pemberi senyum lebih miskin, senyum hanya butuh waktu tidak lebih dari 3 detik (kalo senyum terus sampe’ semenit harus segera dibawa ke rumah sakit), senyum = ibadah =disenangi Tuhan = pahala = surga, senyuman bisa membuat orang lain teringat terus (waduh yang ini senyumnya cewe’ kali). Yang jelas senyuman adalah gratis, tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Dari hasil survey tersebut Indonesia mendapat skor 98% (jangan tanya kenapa skornya pake’ prosentase, datanya begitu sich). Lalu, negara yang paling tidak suka senyum (lagi lagi) menurut survey adalah….

Pakistan

Lho, koq Pakistan! Pakistan kan negara Islam! (Islam menyarankan hambanya untuk rajin tersenyum ketika bertemu orang lain), yang ini juga jangan ditanyakan lagi kenapanya, yang jelas data yang aku dapat begitu…

Masih ada satu prestasi lagi bagi Indonesia yaitu Salam (Assalamu’alaikum, Selamat…, Sugeng… , Moggo, dkk. ) Meski skornya sama dengan Hongkong -> 98% juga, namun skor ini tertinggi lho!

Patutlah kita berbangga dengan apa yang diajarkan oleh agama, oleh nenek moyang kita, dan budaya asli kita. Karena sebenarnya apa yang kita punya “keren” koq, jadi tidak ada kata malu untuk melestarikan budaya asli Indonesia. Jangan malah yang dilestarikan budaya palsunya (KKN, Segala “Gaya Hidup” orang barat yag ga’ baik, liberalisme, dkk.).

Yang mau tau data lengkapnya ada disini nih -> Data Survey

23 thoughts on “Prestasi Indonesia adalah 3S”

  1. nek senyumnya lebih dari semenit, itu saya.. heheheh… tapi kumulatif lo…

    eh, kok yo aneh aneh yo data surveyne, ngonowi valid opo gak ya???

    Reply
  2. Luar biasa ya, namun sudahkah hari ini kita tersenyum?. Padahal senyum itu ibadah, gratis lagi. Kapan-kapan saya bahas masalah senyum deh!.

    Pada prinsipnya orang Indonesia itu jenius dan tidak egois, buktinya kita mendapat ranking satu masalah senyum. Ulasannya panjang sekali, besok saya sambung lagi. Mau siap-siap ke Surabaya. Mau ikut?

    Reply
  3. hebat ya indonesia.. di kala penderitaan bangsa yang cukup banyak tapi masih tetap bisa tersenyum.. hidup Indonesia!!

    Reply
  4. Jadi ingat kejadian, pernah ada usulan dari salah satu murid SD Islam Masyithoh di tempat saya (sekalian nitip iklan tahun pelajaran baru -kebetulan saya salah satu pengurus yayasan) untuk membuat aturan: Setiap guru yang masuk kelas harus tersenyum, dilarang cemberut)

    Reply
  5. sip, senyum adalah ibadah,
    asal senyum nya tau tempat dan waktu aza
    he,,he,,,ntar senyum2 sndiri, eh dsangka orang
    gag waras lagi,,,

    Reply
  6. @afiszone : kemarin Indonesia juga dapet peringkat satu lho! soal pengahncuran hutan paling cepat. Hehehe…

    @Irfan : Yupz, ayo kita jadi orang ramah juga… ๐Ÿ™‚

    @Ryan : Nggih, lumayan. Tapi kayaknya lebih dari lumayan dech…

    @ndop : Masalah valid opo ga’ iku urusane wong kono. Nek ga’ valid berarti menipu orang banyak, dosane gedhe lho! Pokok’e manut ga’ enek rugine koq. ๐Ÿ™‚

    @Bu Puspita: Marilah kita rutin bersenyum tiap hari/waktu (saat yang tepat tentunya). Di Surabaya lihat jembatan Suramadu juga ya Bu! ๐Ÿ™‚

    @keboaja : Ya, senyum sangat bikin sehat… ๐Ÿ™‚ Senyum = awet muda = sehat

    Reply
  7. @ajeng : kubalas dengan senyuman juga ๐Ÿ™‚

    @Taktiku & madi : HIDUP INDONESIA !!! ๐Ÿ™‚

    @ichanx : Kalo senyum sendiri siap jadi temennya stress caleg karena ga’ jadi

    @dias & tuyi : OK ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    @al-sabaliny : ya, aku setuju karena senyum adalah Ibadah trus alo cemberut itu apa ya?

    @antaresa : masa’ baru tahu!?!?!? yang namanya senyum itu gini lho ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ nah, dah tau kan! sekarang coba tirukan ๐Ÿ™‚

    @nyubi : Senyum memang harus lihat situasi, kondisi, saat, waktu, tempat, dan apa yang ada di sekeliling kita. Jangan sampai orang menghindar karena lihat kita senyum2 sendiri ๐Ÿ™‚

    Reply
  8. salam kenal, tidak salah yang diajarkan guru di SD dulu,orang Indonesia itu sangat ramah…,tapi senyum tidak boleh sendirian lo…he…he…

    Reply
  9. I received 1 st home loans when I was very young and this helped me a lot. However, I need the secured loan also.

    Reply

Leave a Reply to JennaGutierrez21 Cancel reply