Blogging, Tidak Hanya Sebatas Aktifitas Online

Sebagai Blogger, Blogging selalu identik dengan aktifitas online. Update Blog, Blogwalking, Cari Backlink, dll. semuanya dilakukan secara online. Bahkan pada sebagian besar Blogger Monetize, 100% aktifitas Blogging mereka ada di dunia maya.

Sebenarnya dunia Blogging itu sangat luas. Ada banyak sekali aktifitas dan interaksi yang bahkan perlu untuk dilakukan secara offline. Sebagai contoh pada seorang Blogger Jurnalis Professional. Tentu untuk mencari berita yang benar-benar valid, ia perlu untuk turun ke lapangan. Bukan hanya mencari referensi melalui media lain yang kemudian ditulis ulang.

extreme sports and bloggingContoh lain ada pada Blogger Fotografer. Ia tidak mungkin mendapatkan hasil jepretannya jika tidak turun ke lapangan. Setelah melakukan hunting, baru ia bisa mengupload hasil jepretannya ke dalam Blog.

Selanjutnya masih banyak contoh-contoh lain yang bisa kita temui, untuk membuktikan bahwa aktifitas Blogging atau Ngeblog itu tidak hanya di dunia maya.

Sehingga, Blogging juga dapat diartikan sebagai sebuah kombinasi dari hasil aktifitas offline yang kita alami, untuk kemudian dituangkan sebagai konten dalam suatu postingan.

Ini hanyalah salah satu kesimpulan dari sekian banyak pengertian tentang Blogging. Meskipun Ngeblog ternyata begitu kompleks, kita bisa menyikapinya secara sederhana. Yaitu dengan keep posting with happy 🙂

5 thoughts on “Blogging, Tidak Hanya Sebatas Aktifitas Online”

Leave a Comment