Menunjukkan Larutan Asam, Basa, Dan Netral Dengan Indikator Kertas Lakmus Merah Dan Biru

Untuk mengidentifikasi larutan asam, basa, dan netral kita dapat mengujinya dengan menggunakan lakmus biru dan merah.

Kertas lakmus adalah kertas yang diberi suatu senyawa kimia sehingga akan menunjukkan warna yang berbeda setelah dimasukkan pada larutan asam maupun basa. Warna kertas lakmus akan berubah sesuai dengan larutannya.

Perubahan warna yang mampu dihasilkan oleh kertas lakmus sebenarnya disebabkan karena adanya orchein (ekstrak lichenes) yang berwarna biru di dalam kertas lakmus.

Lakmus biru dibuat dengan menambahkan ektrak lamus yang berwarna biru ke dalam kertas putih. Kertas akan menyerap ekstrak lakmus yang selanjutnya dikeringkan dalam udara terbuka, sehingga dihasilkan kertas lakmus biru.

Kertas lakmus biru pada larutan yang bersifat basa akan tetap biru, karena orchein merupakan anion, sehingga tidak akan bereaksi dengan anion (OH-).

Kertas lakmus merah dibuat dengan proses yang sama dengan pembuatan kertas lakmus biru, tetapi ditambahkan sedikit asam sulfat atau asam klorida agar warnanya menjadi merah.

Sehingga mekanisme reaksi orchein pada suasana asam akan kembali terjadi. Apabila ketas lakmus merah dimasukkan ke dalam larutan yang bersifat asam, warnanya akan tetap merah karena lakmus merah memang merupakan orchein dalam suasana asam. Sedangkan, apabila kertas lakmus merah ditambahkan larutan yang bersifat basa, maka orchein yang berwarna biru akan kembali terbentuk.

Alat dan Bahan

Alat:

  1. Gelas Ukur
  2. Pipet Tetes
  3. Pallet Tetes
  4. Gunting

Bahan:

  1. Air Suling
  2. Larutan Cuka
  3. Air Kapur
  4. Tembaga (II) Sulfat
  5. Amonia
  6. HCl
  7. NaOH
  8. Air Sabun
  9. Air Jeruk
  10. Air Abu
  11. Natrium Karbonat
  12. Alkohol
  13. Alumunium Sulfat
  14. Amonium Klorida
  15. Lakmus Biru dan Merah

Cara Kerja

  1. Meneteskan air suling, larutan cuka, air kapur, tembaga (II) sulfat, ammonia, HCl, NaOH, air sabun, air jeruk, air abu, natrium karbonat,, alcohol, alumunium sulfat, dan ammonium klorida kedalam pallet tetes yang sudah diberi tanda untuk masing-masing larutan.
  2. Menggunting masing-masing kertas lakmus biru dan merah menjadi 15 bagian.
  3. Memasukkan 1 kertas lakmus biru dan 1 kertas lakmus merah ke dalam masing-masing larutan tersebut.
  4. Mengamati perubahan warna lakmus.

Tabel Pengamatan

Dari pengujian diatas, hasil yang kita dapat seperti dalam tabel berikut:

No. Bahan Perubahan warna kertas lakmus Sifat Larutan
Merah Biru Asam Basa Netral
1 Tembaga(II) Sulfat Merah Merah Ya
2 Amoniak Biru Biru Ya
3 Hidrogen Klorida Merah Merah Ya
4 Natrium Hidroksida Biru Biru Ya
5 Natrium Klorida Merah Biru Ya
6 Air Sabun Biru Biru Ya
7 Air Jeruk Merah Merah Ya
8 Air Abu Merah Biru Ya
9 Natrium Karbonat Biru Biru Ya
10 Alkohol (ethanol) Merah Biru Ya
11 Alumunium Sulfat Merah Merah Ya
12 Amonium Kloria Merah Biru Ya

Kesimpulan

Jadi, apabila kedua lakmus (biru dan merah) berubah warna menjadi merah, maka larutan itu bersifat asam. Bila kedua lakmus (biru dan merah) berubah warna menjadi biru, berarti larutan tersebut bersifat basa. kedua lakmus (biru dan merah) warnanya tetap, maka larutan yang diuji tersebut bersifat netral.

The following two tabs change content below.

Miftahur

Marketing Manager at Teeshoot Kaos Fotografi
Miftahur Roziqin, “Seorang Muslim, Mahasiswa, & Blogger yang punya passion di dunia IT dan Entrepreneurship”

  49 comments for “Menunjukkan Larutan Asam, Basa, Dan Netral Dengan Indikator Kertas Lakmus Merah Dan Biru

  1. May 1, 2010 at 7:30 pm

    ipa rek…

    • May 2, 2010 at 10:47 pm

      Kimia rek . . .

      • m.nur.faizal
        September 18, 2012 at 3:05 pm

        plh rek..

        • Iqbal Hidayatullah
          March 12, 2013 at 10:45 pm

          rek opo iki????

  2. May 2, 2010 at 11:22 am

    mantab
    lengkap
    dan pasti berguna
    salam hangat dari blue

    • May 2, 2010 at 10:48 pm

      Salam hangat jg Blue . . .

  3. JEJAK ANNAS
    May 2, 2010 at 1:48 pm

    ruar biasa mas, informasi bermanfaat. salam kenal dan terimakasih kunjungannya di bakudara.com

    • May 2, 2010 at 10:48 pm

      Whohoho . . . masa sich kyk gini ruar biasa?

  4. May 2, 2010 at 7:04 pm

    beh…. gung isa update aq…. sakjane bhan2e eo akeh…. tapi jeg bingung…. hape.q jek rusak eg.hehehehehehe

  5. May 2, 2010 at 7:05 pm

    kelingan pelajaran smp.q mif…hahahahahha… kertas karton wie… diguntingi cilik-cilik… hahahahahahahahaha….

    • May 2, 2010 at 10:50 pm

      Jhah, pelajaran SMP? ndik SMPmu wes enek Kimia tow? ckckck . . .

  6. ian
    May 3, 2010 at 8:52 am

    dasar orang IPA :D

  7. May 3, 2010 at 3:28 pm

    wah pelajaran waktu SMA dulu nih … kalau urusan Kimia … Pak Budi Jagoannya … di http://www.budies.info
    terimakasih banyak untuk informasinya …., sangat bermanfaat sekali.

  8. Fajar
    May 4, 2010 at 5:03 am

    Knjungan pagee.. bsog neg ku wez diulang, tk cobae mas.. hehe

  9. Alfan zaidan Raiz
    August 4, 2010 at 1:11 pm

    bisa gk buwat contoh yang laen ttg contoh larutan asam dan basa………..? :-)

  10. Batara
    August 31, 2010 at 3:51 am

    klu detergen termaksud sifat apa .. ??asam,basa,atau garam ??

  11. najwa
    January 17, 2011 at 8:08 pm

    wah makasii yah.bermanfaat :)

  12. boer
    February 1, 2011 at 2:52 pm

    napa kurang jlassssssssssssssss

  13. boer
    February 1, 2011 at 2:53 pm

    bigellllll anak desgor…………..

  14. February 3, 2011 at 6:59 pm

    tankz infone………………………..

  15. syaiful rahman
    March 1, 2011 at 9:45 am

    Trims smua infox.

  16. rini the pooh
    March 4, 2011 at 9:42 am

    ..mkasiih atas info x..
    .lngkap..

  17. surya
    March 15, 2011 at 11:27 pm

    thans ya mass

  18. Skyle
    March 20, 2011 at 9:15 pm

    Ganteng daa

  19. nanda mustika
    March 21, 2011 at 1:41 pm

    hy… cmuaaaa :P

  20. September 18, 2011 at 11:43 am

    maKsih,,ea……….. q cKrg dch MdenK???????????????
    :) :smile: :)

  21. william
    October 11, 2011 at 8:16 pm

    pelajaran ipa enek apa lag kimia nya enek buanget????

  22. william
    October 11, 2011 at 8:19 pm

    oya kirim salam buat provesor markus? yang ada d bandung

  23. hasrat
    October 11, 2011 at 8:35 pm

    oya kirim salam buat provesor markus? yang ada d bandung

  24. hasrat
    October 11, 2011 at 8:42 pm

    hy smp 45 batam saya disini mau brtnya apakah kalian tau tntng kertas lakmus apa kesimpulanya

  25. hasrat
    October 11, 2011 at 10:37 pm

    smp 45 nomor satu tentang lakmus

  26. K3
    October 25, 2011 at 8:53 pm

    Thx bgt infony
    Ngbntu bgt bwat bkin tugas Fisika
    Thx very much

  27. K3
    October 25, 2011 at 8:57 pm

    Kykny ni plajaran masih ksusahan bwt ank kls 7 kek gni… Sngsra bljrny…

  28. December 31, 2011 at 7:52 am

    thankkkks infonya..

  29. indah permata
    January 16, 2012 at 12:32 pm

    ai..
    saya masih bingn ni.
    knp merah kebiru dia netral..
    mlh merah ke merah asam..
    bantu aku..
    plies..:)

  30. nana
    January 18, 2012 at 8:41 pm

    aq mo share….kemaren praktik sifat asam dan basa…tp knp waktu pake lakmus biru dicairan sabun mandi cair kertas lakmus biru jadi merah ya….padahal kan harusnya tetap biru krn basa, ada pengaruh dari apa ya ? waktu mengaduk larutan kapur spatulla gak dicuci trus di pake aduk sabun…apa itu bisa mempengaruhi ?
    tlng dong bagi ilmu,…thx

  31. joy blue blad
    February 15, 2012 at 10:09 pm

    jelaskan bagaimana memilih indikator yang tepat untuk menentukan pH suatu larutan?

  32. ferry
    February 23, 2012 at 2:44 pm

    sing baleg atuh kehed ari ngabejaaan tehh

  33. dididharmawanriski
    February 28, 2012 at 9:08 am

    hallo saya semua anak hebat

  34. anita silvia
    March 2, 2012 at 1:39 pm

    trimakasih sangat bermanfaat untk latihan prantk saya

  35. neilla dian fitryana
    May 9, 2012 at 7:11 pm

    kalo berubah kertas lakmus selain warna merah dan biru itu gmana yahh cari kesimpulannya

  36. eshan nadim
    August 30, 2012 at 10:00 pm

    Tank’s for your infomation…

  37. vety
    November 7, 2012 at 4:30 pm

    wow makasih ya atas pengertian nya
    kimia rek !!

  38. diaz
    February 26, 2013 at 8:15 pm

    jadi ngerti deeh :)

  39. March 1, 2013 at 1:10 pm

    Wah, bermanfaat ini…
    kebetulan, lagi ngisi TUGAS Kimia tentang ini lagi

  40. Iqbal Hidayatullah
    March 12, 2013 at 10:44 pm

    Yey Akhirnya Betul Juga……………..! Hore!!!!!!

  41. fachly.techno
    March 27, 2013 at 6:47 am

    Bermanfaat (y)

  42. willi
    September 19, 2013 at 7:40 pm

    mantap nih blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also likeclose